Minggu, Mei 26, 2024

Curug Nyogong Garut: Info HTM, Lokasi, dan Fasilitas

Curug Nyogong Garut merupakan satu dari sekian banyaknya wisata air terjun terindah di Swiss Van Java. Gemuruh dan derasnya aliran air membuat kita seolah menyatu dengan kesejukan alam. Tak jarang objek wisata ini menjadi tujuan bagi para wisatawan, terutama mereka yang berjiwa petualang. Hal tersebut karena medan yang harus mereka lalui untuk sampai ke lokasi membutuhkan perjuangan yang tidak gampang. 

Meskipun begitu, pesona alam yang tersaji akan menghapus semua kelelahan yang wisatawan alami saat di perjalanan. Keeksotisan alamnya yang memanjakan mata ternyata tak lantas membuat pihak wisata mematok harga yang tinggi. Kapan lagi bisa berwisata di tempat yang indah dengan biaya yang murah? 

Jika Anda tertarik mengunjungi Curug Nyogong Garut, simaklah terlebih dahulu beberapa informasi pentingnya berikut ini. Check this out!

Pesona Curug Nyogong Garut

Berlibur di alam bebas yang masih terjaga keasriannya menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan. Udara yang sejuk dengan polusi udara yang nihil dan pemandangan hijau sejauh mata memandang selalu menarik perhatian. Apalagi dengan iringan deburan air dari ketinggian yang menemani tiap detiknya. Semua itu bisa Anda dapatkan di sebuah objek wisata yang bernama Curug Nyogong Garut.

Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 12 meter dengan debit air yang deras dan lebar sekitar 3-5 meter. Gagahnya air terjun tersebut lengkap dengan lanskap tebing hijau yang megah. Bebatuan hitam di bawahnya juga bertaburan menambah keeksotisan. Duduk diam menikmati keindahan alamnya, sembari bersyukur kepada Sang Pencipta sudah cukup menciptakan ketenangan dalam jiwa.

Potret pegunungan dan perbukitan juga bisa Anda saksikan secara langsung. Namun, gugusan tebing tinggi nan gagah berwarna cokelat dan hijau berbalut tanaman akan sering Anda temui. Panoramanya cocok bagi para pecinta fotografi. Eksotisme alamnya akan menciptakan foto ciamik yang instagramable.

Kesegaran airnya yang jatuh membentuk sungai di balik bebatuan juga bisa Anda rasakan secara langsung. Bermain air, berendam, atau berenang bisa menjadi aktivitas yang seru. Namun, jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat bermain di Curug Nyogong Garut, ya! Keselamatan tetap yang utama.

Fasilitas dan Jam Operasional

Curug Nyogong Garut belum memiliki fasilitas selengkap objek wisata populer lainnya. Untuk area parkir, wisatawan biasanya menitipkan kendaraan di halaman rumah warga. Tenang, warga lokal di sana ramah asalkan wisatawan meminta izin terlebih dahulu. Fasilitas lainnya yang tersedia adalah toilet, gazebo, dan warung-warung kecil di area atas. 

Agar bisa bersantap sembari menatap air terjun, Anda bisa membawa bekal dari rumah. Namun, ingat untuk selalu membawa sampah yang tersisa dan buang di tempat sampah, ya! Adapun jam operasional destinasi ini yakni pukul 09.00-17.00 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari saat cuaca cerah.

Harga Tiket Masuk 

Untuk bisa menikmati keindahan alam di Curug Nyogong Garut, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp5.000 per orang. Sangat terjangkau, bukan? Oleh karena itu, jagalah kebersihan di sana sebagai bentuk pelestarian alamnya.

Lokasi Curug Nyogong Garut

Kata ‘nyogong’ berasal dari Basa Sunda yang berarti ‘menikung’. Penamaan ini tercetus karena akses jalan ke area air terjun cukup sulit dengan medan jalan berliku-liku dengan banyak tikungan. Melansir sikidang.com, asal-usul penamaannya juga bermula dari bentuk air terjun yang meliuk mengikuti tikungan batu di atasnya. 

Seperti namanya, wisata ini memang mengharuskan para wisatawannya untuk berjuang melewati jalan berliku. Sobat Djava bisa menggunakan Google Maps sebagai petunjuk jalan. Ketikkan alamat Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Mekarwangi, Kec. Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44173. Lokasinya berjarak sekitar 58 kilometer dari pusat kota Garut, atau membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Anda bisa mengambil rute via Cikajang, tetapi pastikan Anda datang sebelum siang agar tidak terjebak macet. Selanjutnya Anda akan melewati jalan lereng gunung yang berkelok-kelok, tetaplah berhati-hati selama mengemudi. Memasuki jalan pedesaan, Anda akan melihat pemandangan indah meskipun akses jalannya berbatu.

Setelah sampai di gerbang Curug Nyogong Garut, Anda bisa memarkirkan kendaraan di sekitaran sana. Lanjutkanlah perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang berjarak sekitar 2 kilometer. Pastikan Anda tidak datang saat hujan karena akses jalannya akan berlumpur dan licin.

Untuk sampai di Curug Nyogong Garut memang membutuhkan perjuangan. Namun, keindahan yang tersuguh selalu bisa membuat wisatawan puas. Objek wisata ini akan sangat recommended bagi Anda yang berjiwa petualang dan pemburu fotografi. (Ris/Djavatoday)

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya