Sabtu, April 20, 2024

Curug Meber Tasikmalaya, Keindahan Air Terjun yang Tersembunyi

Curug Meber Tasikmalaya merupakan salah satu objek wisata alam yang keberadaannya cukup tersembunyi atau masih berupa hidden gem. Air terjun ini memang tak sepopuler Curug Ciparay yang selalu ramai oleh wisatawan karena keindahan air yang jatuh dari ketinggian puluhan meter. Meskipun demikian, Air Terjun Meber tetap memiliki daya tarik yang membuat wisatawan tetap datang walaupun harus melewati perjuangan yang melelahkan. Bagaimana tidak, curug ini berada dalam hutan dengan akses jalan yang menantang.

Selain menjadi gudangnya pesantren, Kabupaten Tasikmalaya ternyata juga menjadi tempat berlokasinya banyak wisata alam. Mulai dari pemandian, air terjun, gunung, dan masih banyak lagi. Destinasi alamnya bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda bosan berlibur ke Bandung terus. Mayoritas objek wisatanya yang menantang juga akan cocok untuk Anda para petualang.

Jika Anda tertarik untuk berpetualang dan healing ke Curug Meber Tasikmalaya, simak terlebih dahulu artikel ini. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik tentang objek wisata ini sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Curug Meber Tasikmalaya

Objek wisata alam yang tersembunyi di Tasikmalaya ini masih terjamin kealamiannya. Pengelolaannya pun belum tersentuh pemerintah daerah setempat sehingga tarif tiket masuknya pun tidak ada, alias gratis. Anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk berlibur ke curug ini. Namun, berikanlah uang seikhlasnya kepada warga yang nanti menjadi penitipan kendaraan Anda, ya!

Jika ingin berkunjung ke Curug Meber Tasikmalaya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jam operasionalnya. Hal tersebut karena objek wisata ini tidak beroperasi setiap hari, melainkan hanya Sabtu dan Minggu saja. Objek wisata ini beroperasi saat weekend saja mulai pukul 06.00 sampai dengan 17.30 WIB. Kami sarankan untuk datang sedari pagi dengan kondisi cuaca cerah mengingat treking yang Anda lalui akan memasuki hutan.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa bjek wisata alam ini belum terkelola dengan baik oleh pemerintah. Hal tersebut berdampak pada penyediaan fasilitasnya yang masih sangat minim. Hanya ada satu warung saja yang tersedia, area parkir pun harus ikut ke halaman rumah penduduk sekitar.

Untuk menuju ke Curug Meber Tasikmalaya, Anda bisa melalui rute ke Curug Ciparay, tetapi hanya sampai Desa Sukaharja saja. Dari sana, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh mencapai 1 jam. Akses jalannya berupa jalan setapak, hutan pinus, sungai, hingga jurang dengan kedalaman yang mencapai 100 meter. Anda harus fokus ketika melewati jurang terjalnya karena meleng sedikit saja bisa membahayakan keselamatan.

Adapun alamat lengkap objek wisata curug ini adalah Desa Sukaharja, Kec. Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46465. Dari Bandung, Anda bisa mengambil rute via Ciawi, kemudian arahkan ke Jalan Cisinga, selanjutnya Anda bisa mengikuti Google Maps hingga tiba di Kecamatan Sariwangi. Anda juga bisa melalui Singaparna dan langsung ke Kecamatan Sariwangi. 

Daya Tarik Curug Meber Tasikmalaya yang Tersembunyi

Objek wisata alam Curug Meber Tasikmalaya memiliki daya tarik berupa air terjunnya yang melebar. Hal tersebut sesuai dengan namanya, yakni “meber” yang berasal dari bahasa Sunda. Jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia, meber adalah lebar atau melebar. 

Air terjun ini memiliki warna air yang jernih dan memiliki ketinggian kurang dari 10 meter. Meskipun begitu, debit airnya yang cukup deras menjadikan potretnya tetap memesona dan memanjakan mata. Air terjun ini berada dalam rimbunnya pepohonan hutan yang hijau sejauh mata memandang. Nuansa asri khas alam yang belum terjamah manusia pun lekat terasa.

Suasananya pun damai sehingga cocok menjadi spot untuk healing ataupun bersantai. Jernihnya air yang putih begitu kontras dengan pepohonan dan vegetasi alam sekitarnya yang hijau. Panorama Curug Meber Tasikmalaya pun cocok menjadi latar belakang untuk berswafoto.

Tak hanya bisa bersantai atau berburu spot foto, Anda juga bisa merasakan kesegaran airnya secara langsung. Jatuhan airnya akan tertampung ke kolam alami di bawahnya yang cukup luas dengan kedalaman hingga 1,5 meter. Berhati-hatilah saat berenang atau bermain air, ya! Merasakan kesegaran airnya sembari menikmati kesejukan nuansa hutan yang damai akan menjadi healing yang asyik. 

Curug Meber Tasikmalaya juga dekat dengan Curug Cinila. Untuk informasi lebih lanjut tentang Air Terjun Meber ini, Anda bisa menghubungi nomor 081212163454. (Rismawati/Djavatoday)

Umbul Besuki Klaten: Info HTM, Fasilitas, Lokasi

Umbul Besuki Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian yang memiliki fasilitas lengkap. Objek wisata ini telah ada sejak 2019 dan menjadi favorit...

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Terpopuler

Lainnya