Kamis, Mei 30, 2024

Curug Jenggala Banyumas, Empat Air Terjun yang Eksotis

Curug Jenggala Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam populer yang menyuguhkan keindahan berupa air terjun. Tak hanya satu, tetapi Anda bisa menikmati empat aliran air terjun sekaligus dalam satu tempat. Debit airnya yang deras dengan pemandangan alam sekitarnya menjadi perpaduan eksotisme alam yang indah. Tak heran jika tempat ini selalu ramai oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Setelah kemarin kita membahas tentang Curug Gomblang, Banyumas ternyata masih memiliki air terjun indah lainnya. Meskipun lagi-lagi tak bisa Sobat Djava jangkau dengan mudah karena harus berjalan kaki, keindahannya tak pernah mengecewakan. Ingin tahu seperti apa pesona empat air terjun ini? Baca dalam artikel ini selengkapnya, ya!

Baca juga: Mendoan Jumbo Unik, Kuliner asal Banyumas yang Lagi Trend!

Daya Tarik Alam Curug Jenggala Banyumas

Objek wisata alam Curug Jenggala Banyumas menyajikan panorama empat air terjun sekaligus dalam satu tebing. Dengan ketinggian sekitar 30 meter dan debit air yang deras serta jernihnya air, pemandangannya terlihat begitu megah. Tebing tinggi nan lebar yang menjadi sandaran air terjun pun penuh dengan vegetasi hijau yang menciptakan suasana asri. Ada tumbuhan rambat, pohon-pohon yang rindang, hingga rerumputan yang menutupi tebing.

Gugusan pegunungan yang terlihat dari atas tebing yang berada tepat di depan air terjun juga terlihat memesona. Satu di antara banyaknya pucuk gunung tersebut adalah Gunung Slamet. Tak hanya itu, potret sungai yang mengalir di bawah air terjun dengan hiasan bebatuan yang berserakan menjadi daya tarik tersendiri. Area sungai juga menjadi sasaran para wisatawan untuk bermain air karena tak boleh bermain air di dekat air terjun.

Berwisata dan menikmati keindahannya saja rasanya belum cukup jika Sobat Djava belum mengabadikan momennya dengan berswafoto. Untuk menunjang hal tersebut, pihak pengelola wisata Curug Jenggala Banyumas menyediakan beberapa spot foto yang instagramable. Salah satunya spot foto berupa dek berbentuk cinta yang berada di atas tebing di depan air terjun. Jika Sobat Djava berfoto dari dek ini, panorama air terjun dan pegunungan akan menjadi latar belakang foto yang ciamik.

Spot foto lainnya yang tak kalah menarik adalah sebuah jembatan yang melintasi sungai. Jembatan yang terbuat dari besi ini memiliki cat berwarna-warni sehingga cukup instagenic. Panorama air terjun pun terlihat jelas dari jembatan, tinggal mencari angle yang pas dan.. cekrek! Jangan lupa untuk berfoto bersama teman atau keluarga sebagai kenang-kenangan, ya.

Lokasi Curug Jenggala Banyumas

Alamat objek wisata ini terletak di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152. Sobat Djava bisa menggunakan Google Maps sebagai petunjuk jalan menuju Curug Jenggala Banyumas atau mengikuti rute dari Jl. Raya Baturaden. Kemudian arahkan ke Curug Bayan dan pilih arah ke Dusun Kalipagu.

Setelah sampai ke area parkir dekat pemukiman warga, wisatawan masih harus berjalan kaki menuju air terjunnya. Jaraknya sekitar 800 meter dengan medan jalan berupa jalan setapak hingga hutan. Sepanjang jalan, Sobat Djava akan melihat indahnya pematang sawah, huyan, juga pipa air PLTA Ketenger yang besar. Berhati-hatilah saat berjalan karena cukup sempit, lebarnya hanya 1 meter saja dan akan melewati jalur hutan yang cukup terjal, curam, dan licin.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Informasi penting yang harus Anda ketahui sebelum berkunjung ke Curug Jenggala Banyumas adalah harga tiket masuknya. Melansir laman Instagram resminya dengan username @curug_jenggala, harga tiket masuknya adalah Rp10.000 per orang tidak termasuk biaya parkir. Selain tiket masuknya yang murah, fasilitas penting seperti toilet, kamar ganti, dan musala sudah tersedia. Kios-kios yang menjajakan makanan pun tersedia, termasuk penginapan dan objek wisata alam lainnya yang tak kalah populer.

Jadi, kapan Sobat Djava akan berlibur dan menghirup udara segar di Curug Jenggala Banyumas? Pastikan Anda datang pada jam operasionalnya, yakni mulai pukul 07.00-16.00 WIB setiap hari. Kami sarankan untuk datang saat cuaca cerah agar jalan setapak menuju air terjunnya tidak licin dan membahayakan. Jangan lupa untuk tidak mengotori area lokasi wisata untuk menjaga keasriannya, ya! (Ris/Djavatoday)

The Landen Lembang, Wisata Alam Gratis yang Eksotis!

The Landen Lembang merupakan sebuah objek wisata alam baru yang tidak memungut biaya tiket masuk, alias gratis. Objek wisata yang dulunya merupakan D'Ranch ini...

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya