Sabtu, Mei 25, 2024

Curug Cikaracak Bogor, Keindahan di Kaki Gunung Pangrango

Curug Cikaracak Bogor memang belum seterkenal wisata air terjun lainnya yang berada di Kota Hujan tersebut. Letaknya yang berada di dalam hutan lebat Kaki Gunung Pangrango membuatnya seolah tersembunyi. Padahal objek wisata ini memiliki pesona yang indah dan cocok menjadi spot healing saat akhir pekan tiba. Tempatnya yang belum banyak orang ketahui juga membuat air terjun ini bisa Anda nikmati dengan dengan lebih khidmat.

Bogor lagi-lagi menawarkan keindahan alam yang selain patut kita syukuri, juga patut kita kunjungi. Bagi para petualang dan pecinta alam, treking menuju air terjun ini akan menjadi hal yang menyenangkan. Anda akan melewati ragam panorama alam, mulai dari pematang sawah, sungai, hingga hutan yang rimbun dengan pepohonan. Tak heran jika tempat ini termasuk dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang ditetapkan UNESCO.

Siap berkunjung ke Curug Cikaracak Bogor? Simak terlebih dahulu informasinya di bawah ini sebagai referensi, ya! Agar Sobat Djava bisa menyiapkan hal-hal penting sebelum berkunjung.

Baca juga: Telaga Biru Cawene Bogor, Info HTM hingga Lokasi

Lokasi dan Akses Jalan Curug Cikaracak Bogor

Hal pertama yang harus Sobat Djava ketahui adalah lokasi dari wisata alam ini. Alamatnya berada di Kampung Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730. Lokasinya bisa Anda tempuh dalam 1,5 jam perjalanan dari pusat kota. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat untuk mengaksesnya.

Namun, kendaraan hanya bisa mengakses sampai Dusun Cibeling. Wisatawan selanjutnya harus berjalan kaki sejauh 2-3 kilometer atau sekitar 45-60 menit waktu tempuh perjalanan untuk menuju Curug Cikaracak Bogor. Berbagai medan yang tak mudah akan Anda lewati, mulai dari jalan setapak, jalan berbatu yang licin, hingga menyebrangi sekitar 4 sungai. Oleh karena itu, wisatawan harap untuk selalu berhati-hati saat melangkahkan kaki.

Gunakanlah sendal gunung dan pakaian tertutup untuk menjaga agar perjalanan Anda tetap aman serta nyaman. Siapkan fisik yang kuat beserta semangat yang tinggi untuk menempuh perjalanannya. Meskipun perjalanannya sulit dan melelahkan, keindahan air terjun Cikaracak siap menjadi obat penawarnya.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa healing dan menikmati asrinya alam bebas di Curug Cikaracak Bogor, Anda harus mengeluarkan biaya. Tidak mahal, hanya dengan Rp8.500 per orang, Anda bisa bersantai di sana sepuasnya. Bagi yang membawa kendaraan akan ada biaya parkir tambahan, Rp10.000 untuk motor dan Rp30.000 untuk mobil. Terdapat fasilitas glamping berkapasitas 9 orang seharga Rp600.000 lengkap dengan fasilitas makan.

Harga-harga tersebut bukanlah sesuatu yang permanen. Pihak pengelola bisa saja melakukan perubahan kebijakan nominal harga sewaktu-waktu. Hubungi nomor 085888872137 untuk informasi terbaru lebih lanjut, ya!

Fasilitas dan Jam Operasional

Curug Cikaracak Bogor memang berada di dalam hutan lebat, tetapi fasilitasnya sudah cukup lengkap. Meskipun area parkir terletak jauh dari lokasi curug, fasilitas pendukung lainnya berada di area curug. Seperti toilet, musala, warung makan, camping ground, glamping, kamar mandi, hingga gazebo untuk bersantai. Bawalah makanan dari rumah untuk berjaga-jaga pedagang di sana tidak berjualan, ya.

Untuk jam operasionalnya, pihak pengelola wisata tidak memberitahukannya secara pasti. Namun, kami sarankan untuk berkunjung saat pagi hari menjelang siang saat cuaca cerah. Hindari datang saat musim hujan karena akses jalannya akan makin parah dan bisa membahayakan keselamatan.

Daya Tarik Curug Cikaracak Bogor

Setiap objek wisata pastinya memiliki daya tarik masing-masing, termasuk objek wisata Curug Cikaracak Bogor. Tempat ini seperti surga tersembunyi yang menyuguhkan eksotisme alam yang masih terjaga dengan asri. Air terjun setinggi sekitar 40 meter begitu gagah mendeburkan air pada bebatuan dan kolam kecil si bawahnya. Tebing tinggi nan megah yang mengapitnya juga tak luput menambah pesona yang memanjakan mata.

Pepohonan dan tumbuhan hijau juga menghiasi di sekitar area, membuat teduh dan sejuk lebih terasa. Anda bebas mengirup udara yang pasti bersihnya, sembari mendengarkan gemercik air yang mengalir dari sela bebatuan. Bersantai menikmati panoramanya dengan duduk di bebatuan menjadi aktivitas yang harus Anda lakukan. Segala lelah selama perjalanan akan hilang bersamaan dengan tempias air yang memudar.

Ingin bersantai dengan gaya yang lebih keren? Cobalah memasang hammock di antara pepohonan yang di bawahnya mengalir sungai kecil. Anda akan merasakan kedamaian alam yang begitu menyatu dengan jiwa dan pikiran. Bersantai di Curug Cikaracak Bogor adalah definisi healing yang sesungguhnya!

Aktivitas Air dan Berswafoto

Berwisata ke air terjun tentu tak boleh melewatkan aktivitas bermain air. Mengingat airnya yang jernih, wisatawan jadi bisa bermain air yang terjamin kealamian dan kesegarannya. Ingatlah untuk tidak bermain air tepat di bawah air terjun karena debit airnya cukup deras. Khawatir terjadi hal-hal yang tak bisa mengancam keselamatan.

Anda bisa bermain di area bawah, tempat di mana bebatuan terhampar dengan aliran air dari curug di sela-selanya. Pemandangan ini tentu begitu eksotis. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengabadikannya dengan berswafoto. Background air terjun dengan tebing besar yang tertutup tanaman hijau akan menghasilkan foto yang instagramable!

Jadi, kapan Sobat Djava akan berkunjung ke Curug Cikaracak Bogor? Jangan lupa ajak keluarga ataupun rekan untuk berlibur bersama. Menikmati santapan hangat sembari melihat pemandangan epik air terjun bersama orang tercinta akan menjadi momen bermakna. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan keselamatan, ya! (Ris/Djavatoday)

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya