Selasa, Juli 16, 2024

Curug Ceret Naringgul, Sajikan Indahnya Air Terjun Tepi Jalan

Curug Ceret Naringgul merupakan sebuah air terjun yang sangat unik karena letaknya berada di tepi jalan besar. Air terjun ini tak mengharuskan para pengunjung untuk jauh-jauh berjalan kaki memasuki hutan ataupun menyeberangi sungai. Anda cukup siapkan kendaraan yang dalam kondisi baik dan arahkan menuju kawasan Pantai Selatan. Di tengah perjalanan, Anda akan melewati sebuah air terjun yang tinggi dan eksotis dengan cipratan airnya yang sampai ke jalan raya.

Keunikan dan keindahan air terjun ini memang belum begitu populer, mengingat jalan raya ini bukan satu-satunya akses menuju ke Bandung. Hal ini tak jarang membuat wisatawan yang tak mengetahui keberadaannya seakan terkejut melihat ada air terjun di tepi jalan. Mereka mengaku seperti mendapatkan harta karun yang berharga. Tak heran jika air terjun ini menjadi rest area bagi para pelancong sebelum menuju tempat tujuannya.

Bagi Anda yang akan mudik ke daerah Cianjur ataupun Bandung, tak ada salahnya mencoba jalur Ciwidey-Cianjur ini. Anda akan mendapatkan panorama indah Curug Ceret Naringgul secara gratis tanpa harus mengeluarkan effort yang lebih. 

Ingin tahu informasi selengkapnya seputar air terjun yang unik ini? Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk Curug Ceret Naringgul 

Untuk bisa menikmati air terjun ini, Anda tak perlu merogoh kocek karena tak ada tarif harga tiket masuk, alias gratis. Hal tersebut karena letak Curug Ceret Naringgul yang berada tepat di tepi jalan raya yang siapapun bisa melewatinya. Namun, jika Anda ingin bersantai sembari menikmati keindahannya lebih lama, Anda harus memarkirkan kendaraan dekat warung. 

Untuk biaya parkir kendaraan, Anda bisa menyiapkan dana sebesar Rp2.000 hingga Rp5.000 per unit kendaraan. Siapkan juga dana untuk keperluan lainnya, misalnya untuk jajan atau sekadar membeli mi instan. Gratisnya akses untuk menikmati air terjun ini juga disebabkan oleh belum adanya fasilitas dan perawatan dari pemerintah setempat.

Fasilitas dan Jam Operasional

Curug Ceret Naringgul berada di tepi jalan raya besar yang siapapun bisa melewatinya. Letaknya juga berada pada kawasan dataran tinggi dan belum terkelola secara profesional. Fasilitas yang tersedia pun cukup minim. Hanya tersedia area parkir kendaraan dekat warung-warung, spot foto, warung makan, dan toilet. 

Adapun jam operasional air terjun ini adalah 24 jam setiap harinya sehingga Anda bisa datang kapan saja. Namun, kami sarankan untuk datang saat musim kemarau atau fase awal dan akhir musim hujan. 

Hindari berkunjung saat puncak musim hujan karena debit airnya akan sangat deras dan warna airnya akan mengeruh. Pastikan juga Anda datang saat kondisi cuaca sedang cerah agar panorama dapat terlihat dengan jelas, ya!

Daya Tarik Curug Ceret Naringgul 

Sobat Djava, apakah Anda hobi touring? Jika iya, maka cobalah touring ke jalur Pantai Selatan karena terdapat keindahan yang bisa Anda nikmati. Keindahan tersebut berupa air terjun yang bernama Curug Ceret Naringgul.

Air terjun ini berlokasi di Kabupaten Cianjur dan persis berada di tepi jalan raya Ciwidey-Cianjur. Jalur ini memang terkenal dengan sajian view sepanjang jalan yang memanjakan mata. Mulai dari pantai, kebun teh, pegunungan, hingga air terjun. Perjalanan pun akan makin asyik.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter di atas permukaan laut dengan tebing berbatu yang menjadi sandarannya. Bentuknya lurus vertikal dan memiliki kolam alami kecil di bawahnya. Kolam ini tidak dalam dan sering kali menjadi spot wisatawan untuk bermain air demi merasakan kesegaran airnya.

Warna air Curug Ceret Naringgul begitu jernih seperti halnya kapas, kontras dengan warna pepohonan di sekitarnya yang menghijau. Debit airnya cukup deras sehingga menimbulkan cipratan yang sampai ke jalan raya. Cipratan dalam bahasa Sunda adalah “ceret” yang sekaligus menjadi asal-usul penamaan air terjun ini. 

Sobat Djava bisa duduk sebentar sembari beristirahat dari perjalanan yang jauh dengan memandangi air terjunnya. Keindahannya menjadi simbol alam yang asri dengan hawa sejuk yang cenderung dingin. Cocok bagi Anda yang ingin healing. Jangan lupa untuk berburu spot foto dengan latar belakang air terjun yang memesona.

Alamat Lengkap

Curug Ceret Naringgul berlamat di Jl. Ciwidey – Cidaun, Naringgul, Kec. Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43274. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Ciwideng Subang, Wisata Keluarga Murah dan Lengkap

Curug Ciwideng Subang merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk liburan. Tempat ini cukup strategis karena tidak jauh dari Alun-alun Subang dengan...

Pasir Gowong Tasikmalaya, Wisata Alam dengan HTM Gratis

Pasir Gowong Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata dengan suguhan alam berupa pegunungan dari atas bukit.

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya