Rabu, Oktober 27, 2021

Cipanas Pasir Jengkol Garut, Wisata Air Bergaya Infinity Pool

Cipanas Pasir Jengkol Garut merupakan wisata air yang memiliki keunikan dan pesona alam yang menarik. Hal ini karena objek wisata tersebut memiliki kolam air panas seperti tanpa batas atau istilahnya adalah infinity pool. Kolam bergaya tanpa batas tersebut menyajikan pemandangan alam yang memesona. Rasanya seperti berada di hotel bintang lima, lho.

Objek wisata ini sering juga disebut Kolam Air Panas Cikarees atau Cipanas Sumur Sukasono Garut. Namun, warga setempat biasa menyebutnya Cipanas Pasir Jengkol. Wisata air ini memang baru beberapa tahun beroperasi, tetapi sudah dikenal oleh banyak wisatawan. Bahkan mereka datang tak hanya sekadar ingin berwisata, tetapi ingin merasakan khasiat dari air dalam kolamnya.

Baca juga:

Kira-kira ada khasiat apa, ya? Lalu, seberapa indah pemandangannya? Untuk mengetahuinya, yuk simak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik Cipanas Pasir Jengkol Garut

Sesampainya di tempat wisata, ada tangga yang menuju ke bawah di mana kolam berada. Disitulah para wisatawan ditakjubkan dengan kolam yang seolah tanpa batas dengan pemandangan alam didepannya. Infinity pool ala Garut ini memang menjadi daya tarik utama. Air panas yang berkisar 25 sampai 30 derajat celsius dalam kolam pun ternyata alami, berasal dari kawah Gunung Api Talaga Bodas yang lokasinya berdekatan.

Selain itu, warna airnya jernih dan tak berbau seperti kolam renang kebanyakan. Anda pun aman mengajak anak-anak untuk berendam dan bermain air di sana.

Meskipun lokasinya berada di tengah perkampungan penduduk, tetapi suasana alam pemandian air panas ini cukup menarik. Ke Barat pemandian dapat melihat suasana pesawahan terhampar luas. Sementara ke Timur nampak pegunungan Cikarees. Wisatawan bisa berendam sambil menikmati pemandangan alam Cipanas Paair Jengkol Garut yang bisa dibilang epic itu. 

Destinasi wisata yang sederhana namun memesona ini memang cocok dijadikan wisata akhir pekan bersama keluarga. Anda bisa bersantai dan melepas penat dengan menikmati udara menggunakan hammock.

Kolam renangnya ada 3 dengan kedalaman yang berbeda-beda. Ada yang kedalamannya hanya 30 cm dan memang diperuntukkan bagi anak-anak untuk bermain air. Ada yang kedalamannya 1 meter dan 1,5 meter untuk orang dewasa. Ada juga kolam atau bisa dibilang danau kecil untuk perahu angsa yang bisa dinaiki wisatawan untuk menikmati liburannya.

Keunikan Khasiat Air Kolamnya

Cipanas Pasir Jengkol Garut selain dikunjungi untuk berwisata, sebagian orang justru mengunjunginya karena khasiatnya. Banyak orang percaya bahwa dengan berendam di kolam ini akan menyembuhkan berbagai penyakit. Hebohnya kabar ini membuat wisatawan dari berbagai luar kota berdatangan.

Seperti Bogor, Tasikmalaya, Tangerang, Subang, Bandung, bahkan ada warga Kalimantan yang meminta dikirimi air kolam ini. Unik sekali, bukan?

Spot Instagramable

Memiliki keindahan eksotis bergaya infinity pool, menjadikan kolam Cipanas Pasir Jengkol sebagai spot foto favorit. View landscape-nya menawan dan menghasilkan potret yang aesthetic. Pemandangan alam di depannya yang berupa pohon-pohon kelapa, persawahan dan perbukitan hijau memang wajib untuk diabadikan. Anda juga bisa berfoto di spot gazebo yang telah disediakan.

Berfoto saat menaiki perahu angsa apalagi bersama pasangan akan menambah suasana yang menyenangkan. Jangan lupa gunakan waterproof handphone, ya. Agar handphone tidak rusak terkena air atau jatuh ke dalam kolam saat berfoto.

Fasilitas

Meskipun terbilang baru, wisata Cipanas Pasir Jengkol Garut ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Seperti gazebo, area untuk lesehan atau piknik, toilet, dan kamar bilas. Ada juga tempat parkir, tetapi untuk parkir mobil masih terbilang kurang luas. Sebaiknya Anda membawa bekal makanan dari rumah, karena belum tersedia kantin di area dalam.

Harga Tiket Masuk

Wisata air dengan desain infinity pool ini menjadi favorit karena harganya yang murah meriah. Cukup dengan Rp10.000 untuk anak-anak dan Rp15.000 untuk dewasa di hari kerja. Sedangkan di hari libur akan dikenakan biaya Rp15.000 untuk anak-anak dan Rp20.000 untuk dewasa. Perlu diingat ya, bahwa harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi dan Jam Operasional

Cipanas Pasir Jengkol Garut atau Cikarees ini berlokasi di Desa Sukasono, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44184. Wisata ini biasanya dibuka setiap hari mulai pukul 07.30 sampai pukul 17.30 saat hari kerja. Sedangkan saat weekend, akan dibuka pukul 07.00 hingga pukul 18.00.

Nah, itulah Cipanas Pasir Jengkol yang didesain bak infinity pool. Keunikannya memang banyak diburu pada wisatawan. Untuk Anda yang ingin berwisata, jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan, ya .

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU