Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Alun-alun Ciamis Pusat Kota yang Istimewa, Kebanggaan Warga Galuh

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Hallo good people. Setiap kota identik dengan pusat kotanya. Alun-alun kota menjadi daya tarik wisata asing. Sama halnya dengan alun-alun Ciamis.

Alun-alun merupakan pusat Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dimana hampir setiap acara dilaksanakan di sana.

Alun-alun ini terletak di pusat perkotaan. Taman di tengah kota ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke kota ini.

Mengapa alun-alun Ciamis disebut pusat kota? Karena bukan hanya alun-alun disini juga terdapat Masjid agung, Pemda Kab. Ciamis, DPRD Ciamis, market place dan beberapa sekolah.

Alun-alun Ciamis biasanya disebut taman Raflesia. Karena ditengah-tengah area ini terdapat air mancur yang berbentuk bunga raflesia.

Fasilitas yang Ada di Alun-alun Ciamis

Fasilitas yang disediakan disini ada berbagai macam. Disini disediakan banyak tempat duduk dan dibeberapa tempat disediakan tempat sampah.

Demi menjaga kebersihan disini juga disediakan wastafel. Karena keadaan yang sedang darurat COVID-19 disini terdapat himbauan yang menyarankan kita wajib mematuhi protokol kesehatan.

Di Alun – alun Ciamis terdapat 2 rumah jamur. Rumah jamur ini merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan minat baca. Disini tersedia banyak buku yang dapat dibaca ditempat. Biasanya buka pada hari minggu pagi.

Kegunaan Alun-alun Ciamis

Tentu saja tempat ini dijadikan sebagai lahan bermain anak-anak. Banyak permainan yang disewakan disini. Diantaranya otopet, mobil -mobilan, deldom (delman domba) dan masih banyak permainan yang disewakan oleh beberapa orang.

Banyak kegiatan dilakukan disini. Diantaranya konser, senam pagi pada hari minggu, acara-acara komunitas, sampai dengan acara pemerintahan.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut. Alun-alun Ciamis dijadikan sebagai lahan mencari rezeki. Ketika siang sampai malam hari terdapat beberapa penjual yang berjualan di sekitar area alun-alun.

Apalagi ketika sore sampai malam hari banyak pedagang berjejeran berjualan. Namun para pedagang ini merupakan pedagang yang telah diberi ijin berjualan disekitar lokasi.

Banyak produk yang dijual disini. Terutama makanan, dari makanan ringan sampai makanan berat sudah tersedia.

Untuk kawan-kawan tidak perlu khawatir karena mulai dari Rp 2 ribu kalian dapat membeli salah satu produk makanan.

Harga disini tidak mahal. Bahkan dapat dikatakan murah. Namun kualitas makanannya tetap enak. Untuk kawan-kawan yang ingin makan ditempat disini sudah disediakan karpet oleh beberapa penjual.

Bukan hanya produk makanan. Disini banyak juga yang menjual aneka aksesoris seperti gelang dan kalung.

Wajib Kalian Coba Ketika Berkunjung ke Alun-alun Ciamis

Hal yang wajib kalian coba adalah odong-odong mobil. Odong-odong ini mirip seperti mobil sungguhan. Hanya saja cara kerja mobil ini dengan di gowes.

Mobil ini dapat berkapasitas 4-6 orang tergantung dengan besarnya mobil tersebut. Harga untuk 1 putar mengelilingi area ini adalah Rp. 20 ribu.

Nah itu dia seputar Alun-alun Ciamis. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan ya. Stay safe. (Pas/Djavatoday)

Piata Land Malang, Kafe Wisata yang Kids Friendly

Piata Land Malang merupakan sebuah kafe yang mengusung konsep wisata untuk anak-anak dan tempat bersantai untuk orang tua. Jadi, Anda bisa bersantai menikmati kopi...

Pasar Apung Malang, Kuliner 6 Negara dalam 1 Tempat

Pasar Apung Malang merupakan sebuah pasar yang menjadi rangkaian terakhir dalam wisata museum angkut. Objek wisata ini menawarkan sensasi berbelanja yang berbeda karena setiap...

The Legend Stars Park: Wahana, HTM, hingga Lokasi

The Legend Stars Park merupakan sebuah objek wisata kekinian yang menawarkan banyak spot wisata yang edukatif. Objek wisata ini memiliki daya tarik utama berupa...

Banyu Biru Pasuruan, Pemandian Legendaris Zaman Majapahit

Banyu Biru Pasuruan merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian yang legendaris karena telah ada sejak zaman Majapahit. Pemandian ini pun begitu istimewa karena...

Terpopuler

Lainnya