Jumat, Mei 17, 2024

Agrowisata Tepas Papandayan, Bisa Berenang sambil Nikmati Sunrise!

Agrowisata Tepas Papandayan merupakan sebuah objek wisata alam baru yang berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Meskipun kemunculannya belum lama dan belum sepenuhnya selesai, tempat ini telah ramai oleh pengunjung yang bahkan datang dari subuh, lho. Para wisatawan tersebut rela bangun pagi agar bisa menikmati keindahan sunrise dari balik Gunung Papandayan sembari berenang dalam kolam. Jangan takut kedinginan, Sobat Djava, karena kolamnya memiliki air yang panas dan mengandung belerang, sensasinya pun lebih menyegarkan!

Kabupaten Garut memang terkenal memiliki banyak spot pemandian air panas dengan berbagai daya tariknya tersendiri. Seperti Objek Wisata Darajat Pass yang menyuguhkan pemandian air panas dengan view pegunungan di ketinggian. Juga ada Waterboom Sabda Alam yang megah dengan banyaknya permainan air dan jenis kolam yang seru. Tentunya masih banyak lagi pemandian air panas lainnya yang bisa menjadi referensi liburanmu lain waktu.

Nah, bagi Sobat Djava yang ingin berendam air panas dengan pemandangan yang memukau, Agrowisata Tepas Papandayan bisa menjadi solusinya. Harga tiket masuknya pun ramah kantong, lho. Penasaran berapa harga tiketnya dan bagaimana fasilitas yang lainnya? Simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, ya!

Baca juga: Curug Cihanyawar Garut, Ada Fasilitas Riverside Camp!

Daya Tarik Agrowisata Tepas Papandayan

Jika berbicara tentang destinasi wisata yang satu ini, maka kolam rendam dengan pemandangan langsung menghadap ke Gunung Papandayanlah yang terbayang. Dengan semburat jingga yang elok mengintip dari balik puncak gunungnya, membuat semua pasang mata takjub olehnya. Tak hanya Gunung Papandayan, keindahan Gunung Cikuray yang gagah dengan ketinggian 9.255 kaki juga bisa Sobat Djava nikmati sepuasnya. Apalagi saat waktu-waktu terbaiknya, yakni pagi hari untuk melihat golden sunrise dan menikmati sunset kala sore hari.

Menariknya dari destinasi Agrowisata Tepas Papandayan adalah kolam rendam utamanya bergaya infinity pool sehingga pemandangan makin terlihat jelas. Asap dari kolam yang menguap juga menjadikan panoramanya lebih ekotis, berpadu dengan dinginnya udara Kabupaten Garut yang sekaligus menyegarkan. Di belakang kolam utama, terdapat dua kolam lainnya yang berukuran lebih kecil, tetapi ornamen temboknya unik, lho. Sebuah gazebo juga tersedia untuk wisatawan bersantai menikmati syahdunya suasana Swiss Van Java.

Aktivitas Lainnya di Agrowisata Tepas Papandayan

Selain bisa berenang dan berendam untuk menikmati kehangatan di tengah dinginnya udara, ada aktivitas lain yang bisa Anda lakukan. Tepat di atas area kolam, Sobat Djava akan menemukan area rerumputan yang cukup luas dan beberapa tenda yang tersedia. Tempat inilah yang menjadi spot berkemah favorit wisatawan yang juga menyajikan view Gunung Papandayan. Areanya yang cukup luas membuat tempat ini menjadi pilihan para siswa untuk mengadakan camping bersama.

Memandangi eksotisme alam yang syahdu enaknya sembari ngopi, Sobat Djava. Nah, di Agrowisata Tepas Papandayan sudah tersedia sebuah gedung serbaguna yang menjadi kafe dan resto. Terdiri dari dua lantai, bangunan ini juga berada di ketinggian sehingga wisatawan bisa bebas memandangi alam dari lantai duanya. Wisatawan juga dapat berkeliling kebun strawberry dan kopi khas Cisurupan hingga mencicipnya serta mengetahui cara budidayanya.

HTM, Jam Operasional, dan Fasilitas

Untuk bisa berlibur di Agrowisata Tepas Papandayan, Sobat Djava hanya perlu membayar Rp10.000 per orang. Sementara untuk anak-anak hanya perlu membayar Rp5.000 saja. Terdapat tambahan biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Adapun jam operasionalnya adalah mulai pukul 08.00-18.00 WIB setiap hari, sedangkan untuk camping tetap buka selama 24 jam.

Beberapa fasilitas pun telah tersedia untuk para wisatawan. Seperti area parkir motor dan mobil, gazebo untuk bersantai, toilet, musala, camping ground, kolam air panas, hingga kafe. Ke depannya, pengelola wisata akan menambah fasilitas home stay yang nyaman untuk wisatawan.

Alamat Lengkap

Agrowisata Tepas Papandayan berlokasi di Desa Karamatwangi, Kec. Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44163. Butuh waktu sekitar 15 menit perjalanan dari Alun-alun Cisurupan. Untuk informasi lebih lanjut, Sobat Djava bisa menghubungi nomor 081219853387. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi dan sore hari untuk berburu golden sunrise dan sunset yang indah. (Ris/Djavatoday)

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...

Curug Dayang Sumbi Subang: HTM hingga Alamat

Curug Dayang Sumbi Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang masih hidden gems di daerah Ciater. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang...

Paralayang Bukit Sempu, Spot Ngecamp dan Berburu City Lights!

Paralayang Bukit Sempu merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot camping yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial yang menampilkan...

Nikmati Keseruannya! Ini Dia Tempat Wisata yang Memiliki Wahana Rainbow Slide

Wahana rainbow slide menjadi salah satu wahana populer dengan keseruan yang menjanjikan. Rainbow slide atau perosotan pelangi mungkin sudah tidak asing lagi kedengarannya. Wahana...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya