spot_img
Jumat, Mei 27, 2022
spot_img

4 Destinasi Wisata Ciamis Kantongi Sertifikat CHSE, Piknik Lebih Aman

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 4 Destinasi Wisata Ciamis, Jawa Barat, kini sudah mendapat sertifikat CHSE. Sertifikat ini merupakan jaminan untuk wisatawan terhadap kebersihan, keselamatan, kesehatan dan kelestarian lingkungan.

4 Destinasi Wisata Ciamis tersebut yakni Sukahaji Waterboom, Jati Sewu Cibungbang, Wisata Edukasi Perikanan Desa Selamanik dan Situ Lengkong Panjalu.

- Advertisement -

Kadis Pariwisata Ciamis Budi Kurnia menuturkan sertifikat CHSE ini sudah merupakan ukuran skala dunia. Pada saat pandemi Covid-19, tempat wisata harus memiliki sertifikat tersebut supaya memberikan jaminan untuk wisatawan.

“Ya untuk Ciamis baru ada 4 wisata yang telah memperoleh sertifikat itu. Sebab ketika pandemi, baru 4 tempat wisata itu yang mengikuti program CHSE ini,” ujar Budi Kurnia, Jumat (13/5/2022).

Meski baru 4 tempat wisata yang telah mendapat sertifikat jaminan kesehatan. Namun secara karakteristik, hampir semua tempat wisata Ciamis sudah masuk kriteria dalam CHSE. Hanya tinggal administrasinya yang harus terpenuhi dan mengikuti program tersebut.

“Wisata Ciamis ini kan rata-rata luar ruangan atau outdoor. Tidak indoor. Sehingga aspek yang memungkinkan untuk mengukur kebersihan, kesehatan dan keamanan adalah outdoor,” jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya sertifikat CHSE ini menjadi sebuah jaminan terutama wisatawan mancanegara agar mau berkunjung ke Ciamis. Mengingat ukuran wisatawan dunia untuk berwisata adalah adanya sertifikat tersebut.

“Yang punya sertifikat ini sudah pasti memiliki jaminan kebersihan untuk tempat, aman serta sehat. Selain itu juga ramah lingkungan. Sertifikat ini menjadi syarat penting bagi tempat wisata pada era pandemi seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Dinas Pariwisata Ciamis pun bertekad untuk menjadikan tempat wisata di Ciamis ini terjamin kesehatan, kebersihan dan keselamatannya. Sehingga, tujuan untuk menuju 1 juta kunjungan pada tahun ini bisa tercapai. (Ayu/CN/Djavatoday)

Tim Gabungan Sidak Pasar Ciamis Cek Persediaan Minyak Goreng

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tim gabungan terdiri dari Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis menggelar sidak cek persediaan minyak goreng ke pasar, Jumat (27/5/2022), Pertama tim...

Pesan Bupati Ciamis untuk PGRI: Ciptakan Generasi Emas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meminta PGRI sebagai organisasi yang menaungi para guru untuk bisa ciptakan generasi emas, pandai dan cerdas. Hal...

Jurus DPRKPLH Ciamis Bidik Penghargaan Adipura Kencana

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis siap menyambut penilaian penghargaan Adipura Kencana. Bahkan sudah...

Aturan Nama di Dokumen Kependudukan, Ini Penjelasan Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mendagri Tito Karnavian menandatangani Permendagri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama di Dokumen Kependudukan, 21 April lalu. Dalam aturan ini...
spot_img

Terpopuler

Lainnya