Sabtu, Mei 25, 2024

Microsoft Excel Not Responding, Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Microsoft Excel not responding terkadang muncul saat kita sedang membuka file Excel. Hal seperti ini biasanya akan mengganggu aktivitas mu, bahkan bisa membuat mu panik karena deadline tugas yang mepet! Kepanikan pun bisa bertambah karena file yang belum sempat kamu simpan karena terlanjur error. Menakutkan, bukan?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi saat Ms. Excel mengalami not responding, kita telaah dulu apa penyebabnya. Salah satu penyebabnya adalah karena komputer atau laptop yang sudah terkena virus, biasanya berasal dari unduhan file bajakan. Selain karena virus, hilangnya folder software dan registry juga bisa menjadi penyebabnya. Program pun tidak bekerja seperti sebagaimana mestinya.

Cara Atasi Microsoft Excel Not Responding

Microsoft Excel not responding merupakan masalah yang sering terjadi. Jika hal ini terus menerus terjadi, aktivitas mu akan terganggu, Sobat Djava. Untuk itu, ikuti cara berikut ini untuk mengatasinya.

Aktifkan Safe Mode

Cara yang pertama adalah dengan mengaktifkan safe mode pada software tersebut. Safe mode atau mode aman bisa menjadi solusi saat file excel mu tiba-tiba berhenti bekerja atau tidak merespon saat kamu beri perintah. 

Bagaimana mengaktifkan mode aman untuk mengatasi Microsoft Excel not responding? Tekanlah tombol Windows dan R, kemudian ketik “excel /safe”. Kamu pun akan menjalankan file excel dengan mode aman.

Repairing Ms. Excel

Cara kedua adalah dengan melakukan repairing atau memperbaiki software Ms. Excel. Memperbaiki software merupakan hal yang lumrah untuk kamu lakukan sebagai service. Caranya cukup mudah. Bukalah control panel, lalu cari dan klik “Program and Features”. 

Kemudian, carilah “Microsoft Office” pada list software yang tampil, pilihlah Microsoft Office Professional Plus 2019. Klik kanan pada mouse atau touchpad, dan pilih “Change”, Jangan pilih “Uninstall”, ya! Langkah terakhir, pilihlah “Repair” dan klik “Continue”. Microsoft Excel not responding pun akan pulih.

5 Rekomendasi Printer Murah di Bawah Satu Jutaan, Cocok untuk Pelajar

Rekomendasi printer murah memang banyak dicari oleh para pelajar dan mahasiswa. Pasalnya mereka memang membutuhkan printer dalam kegiatan belajarnya, terutama untuk mahasiswa semester akhir....

Deretan HP di Bawah 2 Jutaan, Harga April 2024

Halo good people. Saat ini pembelian alat elektronik terutama gadget sedang meningkat nih. Hal ini karena sudah banyak yang mendapatkan THR atau Tunjangan Hari...

Vivo V30 Pro, Review Desain, Kamera, hingga Baterai

Vivo V30 Pro merupakan ponsel pintar terbaru dari V series yang baru rilis sejak satu bulan lalu dengan harga 9 jutaan. Ponsel pintar ini...

Redmi Note 13 Pro+, Memori Luas untuk Harga 6 Juta!

Redmi Note 13 Pro+ telah rilis beberapa waktu lalu dengan berbagai spesifikasi menarik yang menjadi andalannya. Beberapa spesifikasi yang smartphone ini tonjolkan adalah terletak...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya