Selasa, Oktober 26, 2021

Local Disk C Penuh? Ini 5 Cara Simple Mengatasinya

Local disk C penuh merupakan masalah yang kerap ditemui oleh para pengguna laptop atau komputer. Terutama bagi para mahasiswa atau para pekerja kantoran yang selalu menumpuk file setiap harinya. Apalagi jika diharuskan memakai berbagai aplikasi dna operasi sistem lainnya.

Local disk c merupakan salah satu penyimpanan dalam komputer yang umumnya digunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi yang terinstal. Itulah mengapa local disk C atau drive C sering disebut disk sistem. Ukuran aplikasi yang besar menyebabkan disk C mudah penuh. Apalagi jika Anda masih menyimpan file pada drive ini.

Solusi Mengatasi Local Disk C Penuh

Baca juga:

Biasanya, ukuran penyimpanan drive C cukup besar. Terdiri dari ratusan gigabita. Namun, drive C penuh masih kerap terjadi bahkan saat Anda merasa memiliki sedikit aplikasi. Yuk, simak penjelasan cara mengatasi local disk penuh berikut ini!

Hapus Aplikasi

Local disk C penuh? Cobalah untuk menghapus aplikasi tidak penting yang terinstal di komputer. Anda juga bisa menghapus aplikasi yang memiliki ukuran besar. Berikut cara meng-uninstall aplikasinya.

Klik start, lalu pilih “Control Panel” atau Anda bisa langsung mengetik “Control Panel” pada kolom search. Selanjutnya, cari dan klik “Uninstall a Program”. Agar terlihat mana file dengan size besar, atur seleksi pada kolom size dari yang terbesar. Akan tampil daftar aplikasi, kemudian arahkan kursor pada aplikasi yang ingin dihapus lalu klik kanan dan klik “Uninstall”.

Hapus File Pribadi

Solusi mengatasi local disk C penuh yang selanjutnya adalah dengan menghapus file-file pribadi. Anda bisa menyeleksi file mana saja yang sekiranya tidak terlalu penting untuk disimpan. Alternatif lain adalah dengan memindahkan file pribadi tersebut ke perangkat penyimpanan lain. File pribadi mungkin terasa ringan, tetapi dalam satu folder saja bisa mencapai 3 gigabita, lho.

Aktifkan Storage Sense

Storage sense merupakan salah satu fitur penting yang membantu user dalam menghapus file tidak berguna secara otomatis. Seperti file yang ada di tempat sampah ataupun file sementara. Caranya cukup mudah, ketik “Storage sense” pada kolom search. Lalu, aktifkan sakelarnya hingha menjadi “On”.

Hapus Temporary File

Solusi mengatasi local disk C penuh yang berikutnya adalah menghapus temporary file dari sistem. Untuk solusi yang satu ini, Anda harus memakai aplikasi Disk Cleanup. Cara menghapus file temporary adalah dengan klik kanan pada local disk C. Klik “Properties”, lalu pilih “Disk Cleanup”, ikutilah prosesnya hingga akhir, ya.

Hapus Chace Browser

Ketika Anda mengunjungi sebuah blog atau web di internet, chache pada website tersebut akan tersimpan di komputer. Chace ini juga berpartisipasi memenuhi local disk Anda. Jadi, Anda harus menghapusnya.

Agar local disk C kosong, cobalah buka browser dan klik menu pada tiga titik di kanan atas. Pilih pengaturan, kemudian klik “Hapus data browsing”. Hapuslah semua history browser.

Itulah 5 solusi mengatasi local disk C penuh pada konputer yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk memeriksa file data secara berkala.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU