Senin, September 27, 2021

Melihat Gerhana Bulan Total Pada 26 Mei 2021

Gerhana bulan total terjadi di Indonesia pada hari Rabu, 26 Mei 2021. Berdasarkan info dari bmkg.go.id, fenomena ini diketahui dapat disaksikan di sejumlah wilayah Indonesia. Gerhana bulan merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semua cahaya tersebut sampai ke bulan. Gerhana bulan total terjadi ketika matahari-bumi-bulan berada dalam posisi yang sejajar.

Dilansir dari situs BMKG, ketika puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah darah, atau yang lebih dikenal dengan istilah Blood Moon. Gerhana bulan yang akan terjadi pada tanggal 26 Mei 2021 akan dikenal sebagai Super Blood Moon karena posisi bulan pada saat terjadi gerhana berada di jarak terdekat dengan bumi (Perigee).

Baca juga:

Gerhana bulan total aman dilihat dengan mata telanjang sehingga masyarakat tidak perlu menggunakan kacamata khusus gerhana. Fenomena langit ini dapat disaksikan ketika kondisi cuacanya cerah-berawan.

Imbauan BMKG untuk Masyarakat Pesisir Pantai

BMKG akan melakukan pengamatan di sejumlah lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pengamatan ini dilakukan dengan menggunakan teleskop yang telah dipadukan dengan detektor dan teknologi informasi. Masyarakat juga bisa mengikuti proses pengamatan dengan mengakses https://www.bmkg.go.id/gbt.

Pada kesempatan ini, BMKG juga turut mengimbau masyarakat yang berada di pesisir pantai agar selalu waspada jika terjadi pasang air laut yang lebih tinggi daripada biasanya.

Fenomena gerhana bulan total perigee sebelumnya juga pernah terjadi di Indonesia pada 31 Januari 2018, sedangkan fenomena ini diprediksi akan terjadi lagi pada tanggal 8 Oktober 2033. Pada tahun 2021 diprediksi akan terjadi empat kali gerhana, yaitu dua kali gerhana bulan dan dua kali gerhana matahari.

Namun dari keempat fenomena tersebut, hanya gerhana bulan total pada tanggal 26 Mei 2021 yang bisa diamati di Indonesia, sedangkan tiga gerhana yang lainnya tidak bisa dilihat dari Indonesia.

Rinciannya sebagai berikut :

1. Gerhana Bulan Total tanggal 26 Mei 2021 yang bisa diamati di Indonesia.

2. Gerhana Matahari Cincin tanggal 10 Juni 2021 yang tidak bisa diamati di Indonesia.

3. Gerhana Bulan Sebagian tanggal 19 November 2021 yang tidak bisa diamati di Indonesia.

4. Gerhana Matahari Total tanggal 4 Desember 2021 yang tidak bisa diamati di Indonesia.

Baca juga : Transaksi di ATM Link Kena Biaya Mulai 1 Juni 2021

(Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU