Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

5 Tips Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Menggunakan media sosial haruslah disadari dan didasari dengan tujuan yang pasti, yang tentunya merujuk ke arah kebaikan. Tentu bukan sekadar mencari hiburan, orang bijak memanfaatkan media sosial bak solusi untuk mengatasi segala perkara yang harus diselesaikan. Ada banyak sekali kegunaan media sosial yang dapat kamu manfaatkan.

Selain sarana komunikasi tanpa batasan ruang dan waktu, kamu bisa memfungsikannya sebagai media belajar, berkarya, promosi, bahkan menjadikannya tempat yang dapat menghasilkan cuan. Tapi, bagaimana sih, tips memanfaatkan jejaring sosial dengan baik? Mari simak penjelasannya! 

Menggunakan Media Sosial dengan Baik, Ini yang Harus Kamu Perhatikan! 

Sudah dijelaskan bahwa media sosial tidak melulu tentang ruang interaksi, tapi di media sosiallah kita memublikasikan diri. Semua orang diperkenankan untuk speak up, kamu pun memiliki kebebasan berbicara, tapi dengan catatan harus mempertanggungjawabkan apa yang sudah disebarluaskan. Hati-hatilah dalam bermain media sosial. Maka untuk itu, kamu harus menggarisbawahi poin-poin penting di bawah ini. 

Menyaring Informasi dengan Lengkap

Menggunakan media sosial haruslah bijak dengan tidak mengabaikan kelengkapan informasi yang sedang dicari. Sebelum turut menyebarluaskan, kamu harus memvalidasi kebenarannya terlebih dahulu. Menyaringnya dari berbagai sumber guna meminimalisir informasi yang belum sahih. 

Tidak menyebarkan privasi di media sosial

Orang-orang akan memiliki akses untuk mendapatkannya jika bukan kamu sendiri yang membatasinya. Semuanya akan baik-baik saja selagi kamu menjaganya. Dan tidak semua hal harus kamu publikasikan di media sosial. Sebab sebanyak apa pun temanmu di virtual, itu tidak menjamin kamu akan aman.

Tidak mengikuti akun-akun gosip

Dalam ranah publik, kita tidak akan pernah berhenti membicarakan hal-hal yang kedengarannya menarik. Begitu pun saat bermain pelantar digital. Rasanya kurang plong kalau tidak mengikuti akun-akun donatur berita yang menghibur dan penuh informasi. Tapi sebelum mengikutinya, jangan lupa cermati pula isi berandanya. Jauhi akun yang postingannya mengarah ke hal-hal berdampak negatif. 

Menjaga ketikan saat berinteraksi secara virtual

Menggunakan media sosial kedengarannya memang mudah. Tinggal ketik, kemudian kirim. Tapi, walaupun berkomunikasi secara tidak langsung, tak ada salahnya untuk tetap menggunakan bahasa yang pantas dan sopan. Bukan hal yang tidak mungkin ketika seseorang memalsukan reaksi saat sedang menanggapi kamu. Di media sosial kita tidak tahu bagaimana sebetulnya seseorang menilai kita. Maka gunakanlah keywordmu dengan baik untuk mendapatkan respons yang baik pula. 

Menggunakan media sosial sesuai kebutuhan

Seasyik apa pun tarik ulur layar ponsel yang mempersembahkan lelucon, kamu harus membatasi waktumu supaya nggak kebablasan. Jangan mudah terlena dengan tampilannya yang menggoda. Bermain media sosial secara berlebihan hanya akan membuatmu rugi karena telah melewatkan banyak waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk hal yang lebih penting dan gawat. 

Menggunakan media sosial dengan menilik segala peraturan tidak akan membuat siapa pun menderita. Yuk, kita lakukan sama-sama untuk memperoleh dampak menyenangkan dalam bermain media sosial. (Karin/Djavatoday) 

Vivo V30 Pro, Review Desain, Kamera, hingga Baterai

Vivo V30 Pro merupakan ponsel pintar terbaru dari V series yang baru rilis sejak satu bulan lalu dengan harga 9 jutaan. Ponsel pintar ini...

Redmi Note 13 Pro+, Memori Luas untuk Harga 6 Juta!

Redmi Note 13 Pro+ telah rilis beberapa waktu lalu dengan berbagai spesifikasi menarik yang menjadi andalannya. Beberapa spesifikasi yang smartphone ini tonjolkan adalah terletak...

Perbedaan Microsoft 365 dengan Microsoft Office 2021

Halo good people. Beberapa pengguna Microsoft office tidak mengetahui perbedaan Microsoft 365 dengan Microsoft Office 2021. Apa saja sih perbedaannya? Yuk kita bahas. Siapa yang...

Samsung Galaxy A55 5G, Hp Mid-range yang Recommended!

Samsung Galaxy A55 5G merupakan smartphone kelas middle range dengan rate harga Rp6 jutaan yang recommended. Harganya tidak jauh beda dengan seri A54 ataupun...

Terpopuler

Lainnya