Senin, September 27, 2021

5 Tips Berbisnis Online Di Tengah Pandemi

Tips berbisnis online. Sejak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia, Pemerintah melakukan pembatasan kegiatan masyarakat untuk memutus rantai penyebaran virus. Semenjak itu pula kegiatan seperti sekolah, bekerja dan beribadah terpaksa dilakukan di rumah.  

Tentu saja hal ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap berbagai bidang usaha, mulai dari tingkat UMKM hingga usaha berskala besar. Tidak sedikit pula bisnis yang mengalami gulung tikar dan melakukan PHK terhadap karyawannya.

Baca juga:

Kejadian seperti ini memang tidak bisa kita duga, namun kita tidak boleh menyerah pada keadaan. Maka dari itu kita harus mulai belajar membangun bisnis sendiri, Berikut rangkuman mengenai tips berbisnis online di saat pandemi, diantaranya

Baca juga : 5 Jenis Investasi untuk Pemula yang Menarik untuk Dicoba

Adanya proyeksi bisnis

Tips berbisnis online yang pertama adalah menentukan proyeksi bisnis. Proyeksi bisnis dapat diartikan sebagai starategi yang akan dilakukan berdasarkan perkiraan tentang keadaan di masa yang akan datang dengan menggunakan data yang ada. Proyeksi bisnis akan mempermudah pelaku usaha untuk menentukan langkah-langkah yang sesuai demi tercapainya keberhasilan usaha yang ia jalani.

Proyeksi bisnis dibagi menjadi tiga tahapan yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Dalam setiap jangka waktu, tentukan arahan dan target pencapaian. Proyeksi bisnis juga berfungsi sebagai antisipasi terhadap masalah yang kemungkinan muncul di masa depan.

Riset bahan baku

Tips berbisnis onlien yang kedua adalah melakukan riset bahan baku. Riset bahan baku merupakan salah satu kegiatan penting dalam membangun sebuah usaha. Penentuan bahan baku ini akan mempengaruhi target pasar bisnis kamu.

Misalnya jika kamu ingin menjual produkmu kepada masyarakat tingkat menengah ke atas, kamu bisa memilih bahan baku yang bagus dengan kualitas yang terbaik. Jika target pasarnya menengah ke bawah, maka bahan bakunya bisa disesuaikan agar harganya lebih terjangkau.

Selalu konsisten

Tips berbisnis online yang ketiga adalah mempunyai sikap konsisten. Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah berusaha konsisten. Dalam berbisnis kamu akan belajar banyak hal, mulai dari mengatur keuangan, melihat peluang hingga bertindak untuk mengambil keputusan.

Banyak bisnis yang tidak berkembang atau bahkan gagal akibat sikap ketidakkonsistenan. Maka dari itu kamu harus belajar, biasakan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan dan tidak boleh takut untuk mencoba hal yang baru.

Strategi pemasaran digital

Tips berbisnis online yang kelima adalah menentukan strategi pemasaran digital. Di masa pandemi seperti sekarang, banyak orang melakukan pembelian secara online karena dianggap lebih praktis dan lebih aman karena tidak harus bepergian ke luar rumah.

Pemasaran digital bisa dilakukan dengan cara membuat website resmi untuk penjualan, konten marketing yang menarik dan berkualitas, membuat iklan di Instagram atau Facebook Ads, melakukan promosi dengan melibatkan influencer sampai dengan optimasi SEO.

Mengikuti pelatihan

Salah satu usaha agar kita bisa konsisten dalam menjalankan suatu usaha adalah dengan cara mengikuti berbagai pelatihan. Dengan begitu kita bisa meningkatkan kemampuan kita dalam berbisnis. Selain itu kita bisa saling sharing dengan pelaku usaha lain agar usaha kita semakin berkembang. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU