Jumat, Juli 19, 2024

Tampil Elegan Saat Presentasi di Kelas, Ini Tipsnya!

Tampil elegan saat presentasi di kelas, siapa sih yang tidak mau? Semua pelajar pasti menginginkannya. Karena selain mendapatkan nilai yang bagus, teman-teman di kelas akan salut dengan penyampaian materi yang berhasil dibawakan dengan mantap. Presentasi membutuhkan kemampuan berbicara yang mahir, baik dalam konteks individu maupun berkelompok. Tak hanya sebagai bentuk tugas di sekolah, cakupannya jauh daripada itu. Presentasi adalah sarana utama untuk kamu berlatih sebelum terjun menitik karier.

Kehidupan profesional tidak akan pernah lepas dari yang namanya komunikasi, maka manfaatkanlah kesempatanmu saat mendapatkan tugas presentasi di depan kelas. Meskipun tak mudah, bukan tidak mungkin kamu dapat melakukannya sampai gol. Kamu hanya perlu beberapa asahan dan persiapan supaya bisa tampil luwes dan rapi. 

Tampil Elegan Saat Presentasi di Kelas, Berikut yang Perlu Kamu Terapkan

Berbicara di hadapan teman-teman dengan tujuan menyampaikan gagasan tidaklah sesulit yang kamu perkirakan. Agar dapat dimengerti dan memaku perhatian audiens, kamu harus memperhatikan poin-poin berikut ini saat presentasi.

Mulai dengan pembukaan yang apik

Tampil elegan saat presentasi dapat diawali dengan memberikan pembuka yang baik. Pasalnya, pembukaan menjadi penentu yang acapkali ditinjau untuk menilai bagaimana kira-kira kelanjutannya. Saat presentasi, mulailah dengan nada yang semangat agar antusias teman-temanmu turut bertambah. Tips ini paling penting untuk menaklukkan audiens karena berperan sebagai awalan. Tenang, ada banyak kok, pengantar yang bisa kamu pakai untuk membuka presentasi. Seperti pantun contohnya. 

Melibatkan audiens

Membuat orang-orang turut hanyut dalam pembahasan yang kamu bawakan adalah salah satu dari banyaknya poin yang penting kamu terapkan. Presentasi kamu berhasil kalau suhu ruangan di kelas terasa gerah karena saking fokusnya teman-teman kamu memperhatikanmu. Sebab, menarik banyak kepala untuk mencermati satu titik adalah sesuatu yang mengesankan. Nah, untuk meminimalisir adanya audiens yang merasa bosan, kamu bisa basa-basi bertanya atau mengajaknya berdiskusi. 

Hindari berbicara sambil melihat teks

Saat presentasi berjalan, usahakan matamu tertuju ke arah audiens atau tidak terpaku pada teks. Biarpun intonasimu sudah sangat jelas dan lantang pada saat pemaparan karena sambil melihat buku, akan lebih baik jika kamu fokus membawakan materi dengan tatapan yang dapat menyapu bersih penjuru kelas. Dengan begitu, teman-temanmu akan lebih tertarik untuk mengamatinya. Supaya tidak lupa, catat poin-poin penting yang sekiranya harus dipahami untuk kamu sajikan nanti. 

Komunikasi non verbal yang baik

Tampil elegan saat presentasi tentunya membutuhkan kalimat demi kalimat yang enak didengar. Tapi nggak hanya itu! Selain komunikasi verbal yang rancak dan terstruktur, kamu juga harus memperhatikan gestur tubuh untuk melakukan komunikasi non verbal yang baik. Seperti menunjuk, memosisikan jari sebagai keterangan angka, bahkan mimik wajah yang selaras dengan apa yang sedang disampaikan. 

Itu dia tips-tips tampil elegan saat presentasi di kelas. Secebis cara yang dapat mengubah pola pembawaan kamu supaya bisa lebih efektif. (Karin/Djavatoday) 

5 Persiapan yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengawali Semester Baru

Mengawali semester baru merupakan tahap awal yang harus kamu siapkan dengan matang supaya pembelajaranmu lebih terarah. Saat menikmati libur semester yang cukup lama, cobalah...

Gelar Karya P5 SDN 4 Kertasari Ciamis, Tumbuhkan Kompetensi Peserta Didik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SDN 4 Kertasari, Kabupaten Ciamis, menyelenggarakan Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di lapangan upacara sekolah, Selasa (25/6/2024). Dalam gelar...

5 Keunggulan Perguruan Tinggi Swasta, Tak Kalah Saing dengan Universitas Negeri

Keunggulan perguruan tinggi swasta juga bisa menjadi daya tariknya tersendiri. Meski sering dianggap sebelah mata, nyatanya saat ini banyak universitas swasta yang berkualitas bagus....

Rekomendasi Beasiswa Kuliah S2 Luar Negeri Tanpa Batas Umur!

Rekomendasi beasiswa kuliah S2 ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kuliah memang menjadi kebutuhan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya