Senin, Juli 15, 2024

Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Tidak Rontok

Tips merawat rambut ini bisa kamu terapkan untuk menghindari kerontokan atau kekusutan pada rambut. Setiap orang pasti menginginkan rambut yang sehat dan terawat. Menghadapi rusaknya kondisi rambut karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari dan polusi seperti partikel debu yang menempel pada bagian terluar batang rambut adalah hal paling menjengkelkan yang sulit dipungkiri. Akibatnya, rambut cenderung kering dan mudah rontok.

Supaya bisa tetap on point, kamu harus memperhatikan penampilanmu dari ujung kaki sampai ujung rambut. Bukan cuma wajah yang butuh perawatan, rambut juga perlu diperhatikan agar tetap sehat dan berkilau.

Tips Merawat Rambut untuk Mencegah Kerontokan

Rambut yang penuh atensi dan selalu dimanja pasti akan tampak berbeda dengan rambut yang dibiarkan begitu saja. Yuk! Kenali jenis rambutmu dan mulai merawatnya dengan mengikuti tips-tips berikut.

Tidak asal-asalan saat menyisir rambut

Tips merawat rambut diawali dengan rutinitas kecil yang kamu lakukan setiap hari. Siapa nih, yang masih menyepelekan menyisir rambut? Eits, jangan salah! Meski banyak yang berpendapat ini tidaklah penting, menyisir rambut mempunyai dampak yang baik terhadap kesehatan rambut jika dilakukan dengan benar dan rutin. Apabila kamu malas menyisir, rambut menjadi kusut, dan lebih parahnya lagi rambut akan mudah rontok. Jangan disepelekan, sob! Kamu hanya perlu melakukannya dua kali sehari untuk mencegah kerontokan.

Menggunakan shampo yang tepat

Saat keramas, minyak serta kotoran pada rambut akan terangkat dan kulit kepala menjadi bersih. Ada banyak jenis shampo di pasaran dengan kandungan dan khasiat yang berbeda. Untuk menentukan pilihan, kamu harus mengetahui jenis dan kondisi rambutmu terlebih dahulu. 

Perhatikan penggunaan conditoner

Tips merawat rambut tidak berakhir dengan produk shampo yang membuat kulit kepala terasa bersih dan segar, tapi kamu juga dianjurkan memberikan nutrisi yang cukup untuk rambut. Conditioner bermanfaat untuk melindungi rambut dari kerusakan. Tapi kamu tidak diusulkan menggunakannya setiap hari. Cobalah mengaplikasikannya satu sampai dua kali saja dalam seminggu.

Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Kebiasaan mengikat rambut dengan kencang akan mengundang risiko kerontokan. Kamu juga tidak boleh memberikan tekanan berlebihan terhadap batang rambut yang menyebabkannya menjadi gampang patah. Selain itu, mengikat rambut terlalu lama juga akan membuat rambut sulit bernapas hingga mudah rusak.

Mengenakan hair sunscreen untuk aktivitas di luar ruangan

Nggak cuma disediakan untuk kulit, kini sudah tersedia sunscreen khusus rambut meski jumlahnya tidak banyak. Rambutmu akan kering jika terus-terusan dibiarkan terpapar sinar UV tanpa adanya perlindungan. Cuaca panas mengharuskan kamu untuk memberi perawatan ekstra, salah satunya dengan menggunakan hair sunscreen.

Memiliki rambut yang sehat akan membuat rasa percaya dirimu semakin meningkat. Jangan lupa lakukan tips-tips di atas untuk memperoleh hasil yang baik. Selamat mencoba! (Karin/Djavatoday)

Tips Memadukan Warna Baju dan Celana Supaya Kelihatan Matching dan Lebih Kece

Warna baju dan celana menjadi poin utama dalam penampilan seseorang. Setiap individu memiliki fashion yang berbeda, style yang beragam, atau cara berpakaian masing-masing. Salah...

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...

5 Peralatan Dapur Multifungsi yang Harus Kamu Punya di Rumah

Peralatan dapur multifungsi ini dapat memudahkan kegiatan memasak bahkan mempersingkat waktu. Bagi sebagian orang, memasak bukan hanya kegiatan rumahan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya