Minggu, Oktober 17, 2021

Tipe Kepribadian Koleris, Si Ambisius yang Pantang Menyerah

Tipe kepribadian koleris merupakan kepribadian yang dimiliki seseorang dengan karakter tegas dan pantang menyerah. Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki keinginan yang keras dan cenderung melakukan sesuatu dengan target. Biasanya, mereka juga menyukai tantangan. 

Orang dengan tipe kepribadian ini sangat berapi-api, aktif, cekatan, dan independen. Ia tidak mudah menyerah terhadap tekanan dari orang lain, bahkan ia menjadikannya sebagai dorongan untuk terus maju. Bagian yang paling sedikit berkembang dari koleris adalah emosinya. Kepribadian koleris cenderung memiliki emosi yang temperamen dan meledak-ledak serta tak mengkhawatirkan perasaan orang lain.

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian Koleris

Baca juga:

Seseorang yang memiliki kepribadian koleris dianggap cocok untuk menjadi pemimpin karena sifat dan cirinya. Kira-kira, apakah Anda termasuk orang dengan tipe kepribadian ini? Anda bisa memastikannya dengan ciri-ciri tipe kepribadian koleris berikut ini.

Dapat diandalkan sebagai pemimpin yang baik

Fokus di setiap pekerjaannya

Cenderung ekstrovert

Tegas dan percaya diri

Tangguh menghadapi masalah

Terkesan kurang ramah

Memiliki kreatifitas tinggi

Suka tantangan dan suka mengambil risiko

Suka mengatur

Kelemahan Tipe Kepribadian Koleris

Orang dengan tipe kepribadian koleris biasanya cocok berkarir sebagai manajer, ahli teknologi, programmer, wirausaha, dan insinyur. Dilihat dari ciri-cirinya, koleris memiliki banyak kelebihan seperti kreatif, tegas, cocok menjadi pemimpin, dan lain sebagainya. Namun, koleris juga memiliki beberapa kelemahan, di antaranya sebagai berikut.

Terkesan arogan karena sikap tegasnya

Kurang berempati atau kurang belas kasihan

Merasa dirinya benar dan lebih baik dari yang lain

Terkesan tergesa-gesa

Cenderung meremehkan orang lain yang tak sepandainya

Cenderung berbicara tanpa disaring hingga menyakiti orang lain

Over produktif atau gila kerja (workaholic)

Cara Mengatasi Kelemahan Koleris

Kelemahan yang dimiliki oleh seseorang dengan tipe kepribadian koleris ada pada hubungan sosialnya. Jika tidak diatasi maka dikhawatirkan akan kehilangan orang-orang disekitarnya, seperti teman, partner, relasi, maupun kesempatan. Hal ini biasanya karena orang dengan kepribadian koleris sulit mengontrol emosinya. Kira-kira, bagimana cara mengatasinya? 

Berikut beberapa tips untuk menangani kelemahan koleris yang harus Anda coba.

Cobalah untuk Memahami Orang Lain

Sebagai tipe koleris, biasanya mereka cenderung mengatur orang lain sehingga tak terbiasa ketika orang lain yang mengatur atau berbicara. Tipe koleris biasanya tak ambil pusing dengan permasalahan yang dihadapi orang lain. Cobalah untuk mendengarkan, memahami, dan berempati kepada orang lain karena setiap orang pun ingin didengarkan. Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik dan memahami keadaan orang di sekitar.

Lihat Sudut Pandang Lain

Tipe kepribadian koleris cenderung arogan dan sering marah-marah. Cobalah untuk memosisikan diri sebagai orang lain dan pahami latar belakang masalahnya. Jangan langsung marah dan emosi.

Ajari Orang Lain

Tipe kepribadian koleris selalu menganggap dirinya benar dan lebih baik dari orang lain. Akibatnya, ia sering merendahkan orang lain yang tak sepandainya. Cobalah untuk mengajari mereka dengan ilmu yang dimiliki. Ajari dengan perlahan karena tidak semua orang bisa memahami sesuatu dengan cepat dan kapasitas otak itu berbeda-beda.

Jangan Tergesa-gesa

Memiliki kecepatan dalam berpikir dan bertindak tidak selamanya berdampak baik. Ada kalanya justru malah terjadi kesalahan karena rencana tidak dipikirkan dengan matang dan cenderung tergesa-gesa. Oleh sebab itu, cobalah untuk menahan diri dan pikiran dengan baik disetiap langlah yang Anda ambil.

Hal ini berlaku juga dalam berucap kepada orang lain. Cobalah berpikir sebelum berbicara agar tidak menyakiti orang lain. Orang yang sering menyakiti orang lain cenderung memiliki kerapuhan dalam dirinya.

Healing itu Penting

Tipe kepribadian koleris identik dengan workaholic atau si gila kerja karena kegigihan dan ambisiusnya. Lagi-lagi, ini memang bermanfaat tetapi akan mendatangkan mudharat jika dilakukan secara berlebihan. Anda bisa saja memiliki gangguan kesehatan baik fisik ataupun mental. Cobalah untuk beristirahat, menenangkan diri, berlibur, dan lakukan healing yang paling cocok dengan Anda. 

Nah, itulah sekilas mengenai tipe kepribadian koleris yang identik dengan si ambisius dan pantang menyerah. Setiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tugas kita adalah bagaimana untuk mengatasi kekurangannya dan memaksimalkan kelebihannya agar bermanfaat untuk orang lain. Jadi, apakah Anda termasuk orang dengan tipe kepribadian ini?

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU