Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Macam-Macam Bentuk Sisir, Kenali Fungsi dan Kegunaannya

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Macam-macam bentuk sisir yang perlu Anda ketahui beserta fungsinya. Di seluruh dunia, ada bermacam-macam jenis dan bentuk rambut. Ada keriting, lurus, ikal, tebal, tipis dan lain-lain. Oleh karena itu, terciptalah beberapa jenis sisir rambut pula. Rambut keriting memerlukan sisir yang berbeda dengan rambut lurus.

Macam-Macam Bentuk Sisir Beserta Fungsinya

Bristle brush

Kepalanya berbentuk oval dengan gerigi sikat. Bristle brush atau sikat bulu ini cocok untuk Anda yang punya rambut keriting yang kinsky dan rambut rusak. Sikat bulu yang halus dirancang khusus agar tidak merusak rambut. Menggunakan sisir ini untuk rambut keriting tidak akan merusak bentuk alami keritingnya.

Ujung rambut yang kusut akan lebih mudah terpisah dengan sisir ini. Berbeda dengan sisir dengan gerigi plastik yang malah akan menimbulkan efek statis.

Round Brush (Sisir Blow)

Macam-macam bentuk sisir yang ini bentuknya seperti pipa dengan sikat sisir mengelilingi semua sisinya. Sisir satu ini sangat familiar dan sering digunakan untuk mem-blow. Selain itu, sisir ini akan memberikan efek rambut lebih bervolume.

Baca Juga: Model Rambut Pria Sepanjang Masa, Pilih yang Anda Suka

Terdapat 2 jenis round brush, yaitu berbahan kayu dan berbahan aluminium. Sisir blow berbahan aluminium sering digunakan bersama saat mem-blow rambut dengan hair dryer. Hal ini dikarena panas pada hair dryer mudah ditransferkan pada rambut. Blow yang diinginkan lebih mudah terbentuk.

Sisir Sasak

Bentuknya pipih dengan ujung meruncing. Sisir sasak memiliki gerigi yang kecil dan rapat. Dapat menciptakan volume dengan cara disasak. Selain itu juga bisa membuat tampilan rambut menjadi licin dan klimis.

Wide Tooth Comb

Memiliki gerigi sisir yang jarang dan cenderung besar-besar. Sisir rambut satu ini cocok digunakan ketika rambut basah. Rambut basah cenderung mudah rapuh, sehingga menggunakan sisir gerigi jarang sangat pas untuk mengurangi kerontokan.

Rambut ikal dan keriting juga cocok menggunakan sisir ini. Tarikan dan tekanan pada rambut tidak banyak jika menggunakan sisir ini. Sehingga lebih nyaman saat menyisir.

Paddle Brush

Memiliki bentuk kotak pada kepala sisir. Bentuk geriginya tersusun menyerupai sikat serta ujung gerigi membulat tidak menyakiti kulit kepala. Sisir ini dapat digunakan sehari-hari. Selain itu, sisir ini terbilang efektif untuk menguraikan rambut yang kusut.

Round Cushion Brush

Memiliki tampilan yang sama serta fungsi yang sama dengan paddle brush. Namun sedikit perbedaan ada pada bentuk kepala sisir. Seperti namanya, Round cushion brush memiliki bentuk kepala sisir yang oval.

Vented Brush

Macam-macam bentuk sisir satu ini memiliki bentuk seperti sisir blow, namun geriginya seperti paddle brush serta terdapat banyak lubang. Vented brush memiliki fungsi merapikan dan mengurai kekusutan pada helaian rambut. Dapat digunakan untuk mem-blow rambut dan menambah volume rambut.

Detangling Brush

Sering disebut sebagai sisir anti kusut. Hal ini dikarenakan detangling brush sangat ampuh untuk mengurai rambut kusut tanpa adanya kerontokan. Gigi-gigi pada sisir rambut ini cukup rapat. Meski demikian, gigi detangling brush lembut dan tidak menyakiti kulit kepala. Selain dapat mengurai rambut kusut, sisir ini juga dapat dipakai setelah keramas, saat rambut dalam keadaan basah.

Demikian penjelasan macam-macam bentuk sisir yang ada. Pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambut Anda. (Dewi/Djavatoday)

Urutan Pemakaian Skincare Pagi yang Wajib Kamu Ketahui!

Urutan pemakaian skincare harus dilakukan dengan benar sebagai upaya menjaga kesehatan sekaligus kecantikan kulit wajah. Memakai skincare secara rutin adalah satu hal yang tak...

Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Rekomendasi warna lipstik ini cocok banget buat kamu yang punya kulit sawo matang. Lipstik memang paling penting untuk membuat tampilan make up kamu jadi...

6 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan agar Ibadah Lebih Maksimal

Bulan suci Ramadhan menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim. Menjalani puasa di bulan Ramadhan ialah ibadah yang memiliki keistimewaan yang besar....

Tips Membuat Taman Rumah yang Sederhana dan Minimalis

Tips membuat taman rumah pada artikel ini cocok banget nih buat kamu yang lagi kepingin membangun suasana tempat tinggal yang adem. Jika kamu memiliki...
spot_img

Terpopuler

Lainnya