Minggu, Mei 26, 2024

5 Tips Melamar Pekerjaan, Anti Gagal!

Tips melamar pekerjaan memang sangat penting untuk para pelamar pekerjaan ketahui. Bagaimana tidak, di zaman yang semakin berkembang ini kita dituntut untuk mempunyai keahlian yang lebih. Jadi, jika kita ingin melamar suatu pekerjaan maka pastikan pekerjaan yang kita tuju ini sesuai dengan keahlian kita.

Tak hanya sampai di situ, kamu juga perlu memerhatikan para pesaing yang juga menginginkan pekerjaan tersebut. Persaingan di dunia kerja gak sama dengan dunia sekolah lho. Sebab, di sini kamu harus melakukannya secara mandiri, tanpa bantuan orang lain.

Tips Melamar Kerja yang Efektif

Agar kamu lebih mudah mendapatkan pekerjaan, yuk simak beberapa tips melamar pekerjaan di bawah ini!

Buatlah CV yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dipilih

Tips melamar pekerjaan yang pertama tentunya dengan menyiapkan CV (Curriculum Vitae) atau resume. Dokumen ini menjadi hal pertama yang akan kamu berikan saat melamar pekerjaan. CV atau resume ini sebenarnya memiliki berbagai versi, jadi kamu harus bisa menyesuaikannya dengan posisi yang akan kamu ambil.

Cantumkanlah hal yang penting dan relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar. Hindari mencantumkan hal di luar posisi yang kamu ambil. Yang terpenting, buatlah CV kamu terlihat semenarik mungkin agar HRD atau atasanmu nyaman membacanya.

Cantumkan keahlianmu

Keahlian menjadi poin penting yang akan dinilai oleh para HRD. Maka jika kamu ingin dilirik oleh HRD, cantumkanlah keahlian yang kamu punya dengan baik dan benar. Tapi jangan lupa ya untuk memastikan posisi yang kamu lamar ini sesuai dengan keahlianmu.

Cantumkan portofolio

Portofolio adalah sebuah dokumen yang digunakan sebagai penguat atau bukti dari CV. Dalam kata lain, portofolio adalah hasil kumpulan pekerjaan yang pernah kamu kerjakan. Hasil ini bisa kamu kumpulkan dalam bentuk dokumen, blog, gambar, ataupun unggahan di media sosial.

Buatlah portofolio yang menarik. Meski tidak wajib, portofolio akan menjadi poin plus tersendiri lho. Portofolio membuat dokumenmu lebih rapi sehingga dapat lebih mudah untuk dibaca dan dipahami.

Ketahui target karier

Setelah melakukan tips melamar pekerjaan di atas, langkah selanjutnya yang gak kalah penting adalah mengetahui targer karier yang akan kamu capai. Susunlah tujuan-tujuan yang ingin kamu wujudkan. Setelah itu, kamu juga perlu menyusun hal-hal yang akan kamu lakukan untuk mewujudkannya.

Menyusun target karier bukan hanya berguna untuk perencanaanmu, akan tetapi hal ini juga membuatmu lebih mudah saat melakukan interview. Interview atau wawancara kerja biasanya akan menanyakan hal ini kepada para pelamar. Jika kamu sudah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari maka kamu tak akan kesulitan saat melakukan test wawancara.

Ikutilah berbagai pelatihan

Dewasa ini banyak sekali pelatihan dari berbagai bidang, mulai dari kesehatan, perekonomian, public speaking, dan masih banyak lagi. Ikutilah pelatihan-pelatihan yang sekiranya bisa menunjang kemampuanmu. Pelatihan ini juga bisa masuk ke dalam pengalaman lho. Ini akan menjadi nilai tambahan untuk kamu.

Banyak orang yang bilang kalau mencari pekerjaan itu sulit. Akan tetapi itu semua akan dengan mudah kamu lewati jika kamu memiliki tekad yang kuat dan semangat yang tinggi. Jadi, hal terpenting untuk mencapai sebuah tujuan, termasuk dalam hal pekerjaan adalah keberanian dan juga keyakinan yang kuat. Semoga tips melamar pekerjaan di atas dapat membantumu, ya. (Khumairoh/Djavatoday)

5 Tips Menghindari Make Up Crack Supaya Tetap Cantik Seharian!

Make up crack merupakan masalah yang acap kali menjadi gerutuan para ladies kala wajahnya dirias dengan ragam produk kecantikan yang menggiurkan. Pada saat mengenakan...

Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Rekomendasi ikan hias cocok banget untuk kamu yang sedang ingin memelihara hewan mungil ini. Ikan hias menjadi salah satu jenis hewan yang banyak disukai...

Jangan Asal Pilih! Ini Dia Cara Memadukan Blazer Supaya Kelihatan Stylish

Cara memadukan blazer untuk menunjang penampilan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dapat dipadukan dengan berbagai outfit, blazer menjadi pilihan yang pas untuk memberi sentuhan...

Tidak Hanya Cantik, Warna Gaun Pengantin Ini Punya Makna yang Hangat

Warna gaun pengantin tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Kamu bisa menyambungkannya dengan kepribadianmu yang lebih condong ke arah mana. Apakah soft, romantis, atau mungkin...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya