Rabu, Juni 19, 2024

5 Tahapan Memilih Skincare Untuk Remaja, Jangan Sampai Salah!

Memasuki usia pubertas, anak remaja biasanya mulai mengalami permasalahan kulit seperti jerawat, komedo dan lain-lain. Merawat kulit dengan menjaga pola makan saja tak cukup, kini saatnya remaja mulai diperkenalkan dengan skincare.  Memilih skincare untuk remaja tidak boleh sembarangan agar hasilnya juga tidak mengecewakan.

Meski ada banyak pilihan skincare untuk remaja, namun beberapa tips ini perlu kamu ketahui agar kamu tidak salah memilih skincare. Berikut cara memilih skincare untuk pemula yang aman bagi remaja.

Baca juga : 5 Cara Menetralkan Kulit Saat Ingin Ganti Produk Skincare

Tentukan jenis kulit terlebih dahulu

Sebelum memilih skincare, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis kulit. Jenis kulit yang berbeda akan menentukan jenis skincare yang berbeda pula.

Untuk menentukan jenis kulit, kamu bisa melihatnya dengan mengamati kulit sepanjang hari. Apakah kulitmu terlihat berkilau dan berminyak saat menjelang siang atau terasa kering ketika pagi hari?

Secara umum ada 4 jenis klasifikasi kulit, yaitu

Kulit berminyak, cirinya yaitu kulit yang terlihat berkilau karena produksi minyak yang berlebih. Sedangkan kulit kering dengan ciri kulit yang terasa kering, dan terkadang terasa bersisik atau kencang.

Tipe kulit kombinasi, yaitu jenis kulit yang memiliki perpaduan antara kulit yang terasa berminyak dan bersisik. Sedangkan kulit sensitif, yaitu kulit yang biasanya berwarna kemerahan dan mudah iritasi.

Sabun cuci muka (facial wash)

Membersihkan muka setiap pagi dan malam harus rutin dilakukan agar remaja bisa terhindar dari permasalahan kulit. Dengan mencuci muka, kotoran dan debu yang menempel di wajah bisa dibersihkan sehingga tidak akan menyumbat pori.

Selain itu, facial wash juga berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih, menghilangka sel kulit mati serta membuat wajah tampak lebih cerah. Perlu di ingat, jika anak remaja memiliki kulit sensitif, hindari untuk menggunakan facial wash yang mengandung scrub, karena bisa membuat wajah menjadi iritasi.

Toner

Anak remaja biasanya tidak terlalu mementingkan toner, padahal toner merupakan salah satu tahapan skincare yang penting bagi kulit remaja. Toner berguna untuk menyeimbangkan pH kulit wajah dan membuat pori-pori tampak lebih kecil.

Jika kulit remaja cenderung kering, toner mampu melembabkan wajah. Sedangkan untuk remaja yang memiliki kulit berminyak, toner bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

Pelembab (moisturizer cream)

Jika kulit remaja termasuk tipe yang kering, pelembab adalah salah satu barang yang wajib di miliki. Selain untuk melembabkan, moisturizer juga berguna memberi nutrisi yang di butuhkan kulit.

Untuk remaja dengan kulit berminyak, pelembab bermanfaat untuk mencegah timbulnya masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Dan untuk kulit sensitif, pelembab bisa membuat kulitmu lebih sehat dan mencegah iritasi. Jangan lupa gunakan toner sebelum mengaplikasikan pelembab pada wajah.

Sunscreen SPF 30 PA+++

Iklim tropis di Indonesia membuat setiap orang tidak boleh melupakan sunscreen, termasuk bagi remaja. Sunscreen dengan kadar SPF minimal 30 bisa melindungi kulit remaja dari efek buruk sinar UV yang bisa menimbulkan noda hitam pada wajah.

Meski sedang beraktivitas di dalam ruangan, kamu tetap harus memakai sunscreen, karena sinar UV bisa menembus kaca jendela. Jika ingin beraktivitas di luar, gunakan sunscreen 20 menit sebelum keluar rumah. (Willy/Djavatoday)

5 Dampak Terlalu Sering Mengikat Rambut, Bisa Menyebabkan Kerontokan

Terlalu sering mengikat rambut tidak semata-mata menyebabkan kerontokan, melainkan ada berbagai risiko yang bisa kapan saja terjadi. Apalagi jika kamu mengikatnya dengan kencang dalam...

Rekomendasi Gamis Pria untuk Idul Adha, Bikin Kamu Kelihatan Stylish!

Rekomendasi gamis pria di bawah ini bikin kamu kelihatan pangling dengan tampilan islami yang sejuk di mata. Supaya fashion lebaran kamu nggak hanya itu-itu...

Rekomendasi Warna Eyeshadow Natural yang Cocok untuk Sehari-hari

Rekomendasi warna eyeshadow ini akan menjadi pelengkap make up natural yang cocok untuk menemani hari santaimu. Bisa membuat atau mengaplikasikan riasan mata yang cantik...

5 Rekomendasi Potongan Rambut Pria yang Bikin Tampilanmu Keren Abis

Rekomendasi potongan rambut pria kali ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin tampil kece dan menawan. Tak hanya wanita, rambut pria juga sangat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya