Selasa, Juli 16, 2024

Resep Udang Saus Padang ala Restoran, Bisa Dicoba di Rumah

Resep udang saus Padang bisa kamu coba sendiri di rumah, loh. Menu ini biasanya tersedia di restoran-restoran seafood. Udang saus Padang terkenal dan banyak orang menyukainya. Sausnya yang kental mampu menghadirkan cita rasa pedas yang nikmat. Buat kamu yang udah pernah nyobain menu ini, pasti kamu pingin makan lagi dan lagi.

Udang adalah salah satu makanan laut yang mudah diolah. Jika kita bandingkan dengan makanan laut yang lainnya, udang memang tergolong lebih murah. Di Indonesia udang dijadikan berbagai macam olahan yang menggugah selera. Salah satunya yaitu udang saus Padang.

Udang saus Padang merupakan menu olahan yang memadukan berbagai rempah dan bumbu khas Indonesia. Jadi tak heran jika cita rasanya begitu nikmat dan pas di lidah orang Indonesia. Penasaran gimana cara membuat menu yang satu ini? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Resep Udang Saus Padang

Berikut resep udang saus Padang yang bisa kamu masak sendiri di rumah.

Bahan

Resep udang saus Padang kita mulai dengan menyiapkan bahan-bahan untuk membuat udang saus Padang. Bahan yang kamu butuhkan mungkin akan sedikit lebih banyak dari olahan lain karena kamu membutuhkan rempah-rempah. Namun jangan khawatir, karena bahan-bahan ini sangat mudah untuk kamu dapatkan, kok. Berikut bahan untuk membuat udang saus Padang.

  • 500 gram udang segar
  • 150 ml air
  • 5 siung bawang merah, potong tipis-tipis
  • 3 siung bawang putih, potong tipis-tipis
  • 1 buah tomat merah, potong kecil
  • ½ buah bawang bombay, potong tipis
  • 1 ruas jahe
  • 5 buah cabe merah besar
  • 4 sdm saus sambal
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 sddm saus tiram
  • 1 sdt kecap
  • 2 sdm margarin
  • 1 batang daun bawang
  • Garam
  • Merica bubuk
  • Gula pasir

Cara membuat

Resep udang saus Padang dilanjutkan dengan langkah yang paling penting yaitu cara membuat. Setelah menyiapkan semua bahan di atas, kamu bisa langsung lanjut membuatnya. Berikut cara membuat udang saus Padang.

  1. Bersihkan udang.
  2. Panaskan wajan dan tambahkan sedikit margarin. Tumis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan cabe merah besar yang sudah dipotong, tomat, dan jahe. Tumis semua bumbu hingga setengah layu.
  3. Kemudian masukkan saus sambal, saus tomat, saus tiram, dan kecap. Aduk hingga rata.
  4. Masukkan udang dan aduk hingga berubah warna. Tambahkan air serta tepung maizena yang sudah dilarutkan ke dalam 4 sdm air. Masukkan garam, gula, dan merica.
  5. Masak hingga saus mengental. Selama memasak, aduk terus agar bumbu dapat meresap ke dalam udang dan rasa merata.
  6. Setelah matang, taburi dengan daun bawang. Udang saus Padang siap disajikan.

Demikian resep udang saus Padang rumahan yang gak kalah lezatnya dengan menu di restoran seafood. Yuk segera coba resepnya! (Ume/Djavatoday)

Ini Dia Rekomendasi Bakery di Bandung yang Hits dan Ramai Pembeli!

Rekomendasi Bakery di Bandung yang ngehits ini tentu menyediakan berbagai macam roti dan kue yang lezat, makanya sering banget dikunjungi walaupun ada yang berada...

Rumah Makan Khas Sunda di Bandung yang Recommended!

Rumah makan khas Sunda merupakan sebuah restoran atau kedai sederhana yang menawarkan ragam menu khas Sunda.

Resep Tahu Jeletot Isi Ayam, Pedasnya Bikin Ketagihan!

Resep tahu jeletot wajib banget kamu cobain nih. Terutama bagi kamu si pencinta makanan pedas. Tahu jeletot merupakan camilan yang terbuat dari tahu kulit...

Resep Onigiri Ala Jepang, Cocok untuk Bekal Makan Siang

Resep onigiri ala Jepang bisa kamu coba di rumah untuk bekal makan ke sekolah ataupun ke kantor. Berbeda dengan sushi yang dibuat dari nasi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya