Senin, Juni 17, 2024

Resep Olahan Telur yang Simpel, Lezat dan Menggugah Selera

Olahan telur yang simpel ini super duper gampang untuk kamu coba di rumah. Dan jangan salah, sob! Menu sederhana ini tidak hanya diperuntukkan kepada anak kos yang sedang kuliah dan jauh dari rumah, tapi juga buat para Moms di luar sana yang sedang menghemat uang belanja. Sebab bukan hanya caranya yang praktis, harganya juga ekonomis!

Olahan telur yang simpel, lezat dan menggugah selera ini direkomendasikan karena selain ringan di kantong, telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Pokoknya pas banget deh, untuk dijadikan menu andalan sehari-hari.

Olahan telur yang simpel, cocok buat tim anti ribet

Nggak perlu berlama-lama di dapur, ini dia aneka resep olahan telur yang sederhana dan bikin nagih! 

Telur geprek

Bahan-bahan:

2 butir telur ayam

Tepung terigu

1 siung bawang putih

15 cabai rawit (sesuai selera tingkat kepedasan) 

1 sendok teh garam dan kaldu bubuk

½ sendok teh merica bubuk

Cara membuat:

Siapkan satu mangkuk berukuran sedang berisi tepung terigu, lalu tambahkan ½ sendok teh garam, ½ sendok teh kaldu bubuk, dan ¼ sendok teh merica bubuk. Setelah diaduk rata, pisahkan ke dalam dua wadah untuk adonan basah dan kering. Beri air secukupnya pada salah satu wadah hingga teksturnya sedikit encer. Biarkan dahulu adonan yang sudah dibuat tadi. Sekarang kocok telur, tambahkan ½ sendok teh garam dan ¼ sendok teh merica bubuk. Goreng telur hingga matang. Setelah ditiriskan, masukkan telur ke adonan tepung yang kering, kemudian masukkan ke adonan tepung yang basah, lalu masukkan kembali ke adonan tepung yang kering. Goreng telur yang sudah dibaluri tepung menggunakan api panas.

Untuk sambalnya, kamu bisa menggunakan 15 cabai rawit, 1 siung bawang putih, dan sejumput garam. Ulek sampai sedikit halus, lalu tambahkan satu sendok minyak panas. Geprek telur tadi di atas ulekan hingga menyatu dengan sambal. 

Telur ceplok kecap

Bahan-bahan:

6 butir telur ayam

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

6 buah cabai merah

Penyedap 1 sendok teh

1 setengah sendok teh gula pasir

Kecap

Cara membuat:

Ceplok telur seperti biasa. Setelah menurutmu tingkat kematangannya sudah pas, angkat dan biarkan dahulu. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai baunya harum. Tambahkan cabai sesuai selera kepedasan, masukkan sedikit air. Juga tambahkan garam, gula dan penyedap rasa, kemudian aduk hingga rata. Tambahkan kecap, setelah itu masukkan telur ceplok dan masak di api kecil. Aduk pelan sampai kecapnya tercampur rata dan bumbunya meresap. 

Telur dadar krispi 

Bahan-bahan:

5 butir telur ayam

2 sendok makan tepung terigu

1 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 batang daun bawang, 3 buah cabai keriting (semuanya diiris tipis) 

½ sendok teh garam, kaldu bubuk, lada bubuk

Cara membuat:

Siapkan wadah atau mangkuk besar. Masukkan 5 butir telur ayam, lalu kocok. Tambahkan bawang merah, bawang putih, daun bawang dan cabai. Kemudian campurkan garam, kaldu bubuk, dan lada bubuk. Terakhir masukkan tepung terigu, aduk hingga rata. Goreng di api panas, balik telur hingga benar-benar matang dan krispi. 

Martabak telur kulit lumpia

Bahan-bahan: 

4 butir telur ayam

Kulit lumpia secukupnya

4 sendok makan tepung terigu

Air secukupnya

2 siung bawang merah dan 1 siung bawang putih yang sudah dirajang halus

1 buah bawang bombay

5 batang daun bawang yang sudah diiris

½ sendok teh garam, gula pasir, penyedap

¼ lada bubuk

Minyak secukupnya

Cara membuat:

Siapkan wajan, tuangkan sedikit minyak lalu tumis bawang merah dan putih. Setelah harum, masukkan bawang bombay, tumis sebentar sebelum mencampurkan daun bawang. Tambahkan garam, gula pasir, dan penyedap. Masing-masing ½ sendok teh. Masukkan ¼ lada bubuk, kemudian oseng-oseng hingga bumbunya tercampur. Masukkan kocokan telur, masak sampai setengah matang. Siapkan 4 sendok makan tepung terigu yang sudah dicampur air dan juga berbentuk encer. Ambil satu lembar kulit lumpia, tambahkan isian telur yang sudah dimasak setengah matang di bagian tengah. Lipat kulit lumpia dan juga gunakan adonan tepung tadi untuk merekatkan. Goreng di api sedang sampai kulit lumpia berwarna kecokelatan.

Olahan telur yang simpel bisa juga dijadikan ide menu bekal untuk kamu pergi ke sekolah atau bekerja. Soal rasa bisa dibicarakan, tapi perihal menghemat waktu sudah pasti terlaksanakan. (Karin/Djavatoday)

Resep Ikan Bakar yang Harus Kamu Coba, dijamin Gurih dan Bikin Nagih!

Resep ikan bakar di bawah ini bisa bikin kamu merasakan sensasi nikmatnya makan ikan yang gurih di luar, tapi lembut di dalam. Menu ini...

Domba Lawu Karanganyar, Surga Playground Penuh Keceriaan!

Domba Lawu Karanganyar merupakan sebuah restoran yang memiliki konsep wisata keluarga dengan playgorund yang beragam sebagai daya tarik utamanya. Dengan mengunjungi tempat ini, kamu dan keluarga bisa berlibur dengan nyaman karena bisa kulineran sembari menikmati udara sejuk Lawu. Anak-anak pun bisa tetap ceria karena banyaknya jenis permainan di area playground dan domba-domba lucu yang bisa menjadi bahan edukatif.

Resep Sawi Gulung Daging Ayam, Praktis dan Mudah Dibuat

Resep sawi gulung daging ayam kali ini wajib banget kamu recook di rumah. Selain praktis, menu ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya