Minggu, Oktober 17, 2021

Manfaat Bawang Merah Untuk Perabotan Rumah, Ada yang Belum Tahu

Manfaat bawang merah untuk perabotan rumah belum banyak yang tahu, karena rempah satu ini biasanya cuma dipakai untuk keperluan memasak. Selain digunakan sebagai bumbu masak, ternyata bawang merah juga bisa dipakai untuk merawat berbagai furnitur agar lebih awet. 

Merawat Pajangan Logam

Pajangan yang terbuat dari logam memerlukan perawatan khusus. Namun, jika kamu sibuk dan tidak memiliki banyak waktu, pajangan dari logam dapat dibersihkan dengan cairan ekstrak bawang merah untuk memolesnya sementara. 

Baca juga:

Manfaat bawang merah untuk perabotan rumah bisa menjadikan pajangan dari logam menjadi lebih awet, tidak berkarat, dan lebih mengkilap. 

Merawat Serat Gorden

Gorden atau tirai jendela dapat rusak apabila digosok terlalu keras. Untuk merawat serat gorden, kamu bisa menggosokkan bawang merah. Usapkan secara perlahan pada gorden, tidak perlu semuanya, ambil bagian pinggiran saja. 

Manfaat bawang merah untuk perabotan rumah dapat mengusir serangga yang biasa masuk melalui jendela. Nyamuk dan lalat biasa masuk rumah lewat jendela. Namun dengan mengoleskan bawang merah pada gorden, maka masuknya serangga dapat dicegah. 

Membersihkan Exhaust

Exhaust cenderung mudah kotor karena menjadi jalur keluar masuknya udara sehingga harus sering dibersihkan. Untuk membersihkan exhaust, gunakan campuran setengah potong bawang merah ke dalam baking soda. Usapkan pada exhaust menggunakan lap agar menjadi bersih kembali. 

Membersihkan Panggangan

Setelah memakai panggangan, kamu mungkin merasa kesal karena kerak bekas memanggang sulit dibersihkan. Manfaat bawang merah untuk perabotan rumah dapat melunakkan kerak tersebut. Gosokkan bawang merah secara perlahan pada kerak yang menempel pada panggangan sampai hilang. 

Membersihkan Kompor

Kompor yang kotor tidak bisa bersih maksimal walaupun sudah menggunakan sabun. Kamu bisa menggunakan campuran bawang merah dan garam agar kompor menjadi lebih mudah dibersihkan. Gunakan sedikit saja campuran tersebut ke dalam air, lalu sapukan ke permukaan kompor dengan lap. 

Itulah manfaat bawang merah untuk perabotan rumah yang perlu kamu ketahui. Selain digunakan untuk keperluan memasak, ternyata ada banyak keuntungan yang bisa kita dapat. Beberapa di antaranya adalah menjaga agar furnitur tetap bersih. (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU