Senin, September 27, 2021

Dimsum Ayam Jamur Kaya Nutrisi untuk Hidangan Keluarga

Dimsum Ayam Jamur merupakan salah satu kreasi hidangan khas Negeri Tirai Bambu, yakni dimsum. Makanan ini begitu digemari masyarakat Indonesia dan memang sudah populer sejak dulu. Biasanya dijadikan kudapan kecil sambil berkumpul dengan keluarga. Dimsum juga memiliki banyak jenis variannya yang lezat dan menggugah selera.

Salah satu varian dimsum yang populer adalah dimsum ayam jamur. Dimsum ini dibuat dari perpaduan bahan yang mengandung protein, satur, dan jamur. Itulah mengapa dimsum ayam jamur ini lebih sehat untuk dikonsumsi. Yuk, simak resep pembuatanya berikut ini!

Bahan-bahan Dimsum Ayam Jamur

Baca juga:

Bahan Utama:

500 gram daging ayam cincang (bagian paha atau dada, bisa ditambah bagian lemak)

50 gram jamur kuping cincang

30 gram baby labu siam parut dan peras sebentar

1 batang wortel parut 

2 batang daun bawang cincang

1 butir putih telur

1 sendok teh garam

1 sendok makan gula

1/2 sendok teh merica bubuk 

1/4 sendok teh baking soda

2 sendok teh kaldu jamur

2 sendok makan saus tiram (bisa menggunakan saori)

2 sendok makan kecap asin

2 sendok makan kecap ikan

1 sendok makan minyak wijen

1 sendok makan minyak bawang

4 butir bawang putih yang telah dihaluskan

5 sendok makan tepung sagu

2 sendok makan tepung maizena

Kulit pangsit secukupnya (bisa menggunakan instan)

Bahan Olesan :

I sendok makan minyak wijen

1 sendok makan kecap ikan

3 sendok makan minyak sayur

Bahan Saus:

3 sendok makan saus sambal 

3 sendok makan saus bangkok

1 sendok teh gula

1 sendok teh cuka

200 mili liter air

Langkah-langkah Membuat Dimsum Ayam Jamur

Setelah menyiapkan bahan-bahan seperti yang dijelaskan di atas, Anda bisa mulai membuatnya. Pertama, aduklah dengan merata semua bahan kecuali kulit pangsit hingga menjadi sebuah adonan. Untuk memastikan rasanya pas, cobalah rebus adonan di air mendidih. Cicipi apabila ada bahan atau bumbu yang kurang. 

Kedua, olesi kulit pangsit dengan air lalu lebarkan. Ketiga, tambahkan dan isikan adonan pada kulit pangsit tadi dengan banyaknya adonan sesuai selera. Agar ukuran dimsumnya merata, Anda bisa menimbangnya.  Keempat, bungkus adonan dalam kulit pangsit kemudian rekatkan menggunakan jari tangan.

Baca Juga: Chicken Katsu Curry Jepang dengan Resep Simpel untuk Keluarga

Kelima, rapikan kulit pangsit atau dimsumnya dengan ujung sendok agar terlihat lebih menarik. Keenam, ulangi step pertama sampai kelima hingga semua adonan telah terbungkus kulit pangsit. Selanjutnya, didihkan air dalam panci kukusan, kemudian kukus semua dimsum ayam jamur secara bertahap. 

Jika Anda menggunakan kulit dimsum yang teksturnya lebih kaku, semprotkan air saat dimsum telah dikukus selama 10 menit. Semprotkan pada semua permukaan kulit dimsumnya.

Kemudian, setelah 5 menit olesi dimsum dengan bahan olesan yang tadi telah disiapkan. Kukus kembali dimsum selama 5 menit. Jika sudah matang, angkat dan sajikan di atas piring, boleh menggunakan piring dimsum khas Tiongkok.

Eits, jangan dulu disantap, ya. Masak dulu bahan saus yang telah disiapkan tadi ke dalam wajan hingga mendidih. Kemudian, tuangkan ke dalam mangkuk kecil. Dimsum ayam jamur pun siap disantap dengan cocolan sausnya.

Itulah resep dimsum ayam jamur kaya nutrisi yang nikmat disantap bersama keluarga. Jika masih bingung dengan cara pembuatannya, Anda bisa mengunjungi chanel YouTube Yzmalicious untuk referensi. Selamat mencoba, Sobat Djava!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU