Minggu, Oktober 17, 2021

Tips Agar Tidur Lebih Nyaman, Membuat Pagi Menjadi Lebih Semangat

Tips agar tidur lebih nyaman dan mengembalikan energi tubuh di pagi hari. Perlu kita akui bahwa tidur merupakan obat terbaik dari beberapa besar masalah yang kita hadapi. Kualitas tidur juga mempengaruhi kemampuan kita dalam menghadapi tantangan yang dihadapi. 

Jika seseorang kekurangan waktu tidur, maka tubuhnya menjadi mudah lemas dan tidak bertenaga. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kebiasaan begadang berkaitan dengan kenaikan berat badan. Agar kesehatan tetap terjaga, yuk ketahui tips agar tidur lebih nyaman. 

Stop Main Gadget 1-3 Menit Sebelum Tidur

Baca juga:

Menghindari gadget sebelum tidur penting untuk meningkatkan kualitas tidur. Ketika kita melakukan browsing di malam hari, otak dipaksa untuk mencerna informasi meski tubuh berbaring. Agar tidur tidak terganggu, letakkan smartphone di daerah yang cukup jauh dari tempat tidur. 

Hindari Olahraga 2 Jam Sebelum Tidur

Setelah berolahraga, tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi kembali. Tips agar tidur lebih nyaman, atur jarak antara olahraga dengan jadwal tidur minimal 2 jam. Kecuali jika kamu melakukan yoga atau sesuatu yang serupa, kegiatan ini tidak akan mengganggu tidur. 

Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat sebelum tidur dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga kamu akan lebih mudah tertidur. Menurut Dr. Dianna Augelli dari Center for Sleep Medicine, mandi sebelum tidur dapat menurunkan suhu tubuh. Kondisi tubuh rileks dapat menjadikan tidur lebih berkualitas. 

Tidur Sebelum Jam 11 Malam

Secara alami, tubuh akan merasa lelah antara jam 10 hingga jam 11. Tips agar tidur jadi lebih nyaman, turuti jam biologis tubuh. Kamu akan mudah tertidur dan merasa lebih segar di keesokan paginya. 

Jaga Suhu Kamar di Temperatur yang Tepat

Cari tahu suhu yang paling tepat untukmu dan pertahankan setiap hari. Mungkin kamu lebih suka tidur di ruangan yang sejuk, sebagian orang cenderung mudah terlelap di ruangan yang hangat. Dengan mempertahankan suhu tersebut, kamu pun dapat tidur lebih nyaman. 

Tidur di Ruangan Gelap

Ketika berada di ruangan yang gelap, tubuh akan melepaskan hormon melatonin yang membantumu tertidur. Atur cahaya kamar sedemikian redup, jika memungkinkan, matikan saja lampu. Kebiasaan ini juga dapat menghemat tagihan listrik. (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU