Sabtu, Februari 24, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Mengenal Bahaya Mie Instan dan Efek Samping Bagi Kesehatan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Membahas tentang mie instan, siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, selain rasanya yang enak mie instan juga mudah di sajikan. Banyak orang yang menjadikan mie instan sebagai makanan andalan di saat lapar. Rasanya yang gurih tentu digemari banyak orang. Namun, terlalu banyak dan sering mengonsumsi mie instan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah bahaya mie instan serta efek samping bagi kesehatan tubuh jika di konsumsi terlalu sering.

Bahaya Mie Instan dikonsumsi Berlebih

Gangguan pencernaan

Mie instan kerap disebut sebagai makanan yang tidak baik bagi sistem pencernaan tubuh karena kandungan serat didalam mie instan cukup rendah. Hal itu dapat menyebabkan risiko sembelit atau menjadikan siklus buang air besar (BAB) menjadi tidak lancar.

Mengandung tinggi natrium

Kandungan natrium atau garam jika di konsumsi berlebih dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi kandungan garam berlebih dapat memicu penyakit jantung serta dapat meningkatkan risiko kanker lambung bahkan kematian di usia muda.

Mengandung MSG

Bahaya mie instan lainnya adalah mengandung MSG atau monosodium glutamate. MSG merupakan salah satu bahan yang terkandung dalam satu porsi mie instan. Zat ini di gunakan sebagai penguat rasa makanan yang membuat makanan terasa lebih lezat.

Di ketahui dalam satu porsi mie instan mengandung MSG yang cukup tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi MSG dapat memicu kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi, bahkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan MSG dapat menurunkan kinerja otak.

Baca Juga : Berita Seputar Jawa barat

Hal lain yang perlu di perhatikan dalam membahas bahaya mie instan adalah kemasannya. Pastikan kemasan yang digunakan baik untuk kesehatan.

Itulah beberapa Bahaya mie instan serta efek samping bagi kesehatan tubuh.

Nah, bagi kalian yang masih ingin mengonsumsi mie instan ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk meminimalkan efek samping dari mengonsumsi mie instan.

Tips sehat mengonsumsi mie instan

Konsumsi mie instan hanya 1 kali dalam seminggu

Seperti yang kita ketahui mengonsumsi terlalu banyak mie instan tidak baik bagi kesehatan tubuh oleh karena itu usahakan untuk segera menguranginya dengan cara mengonsumsi mie instan 1 kali dalam seminggu. Buang air rebusan mie instan dan ganti dengan air rebusan yang baru.

Beberapa orang menganggap jika kandungan bahaya dari mie instan ikut larut dalam air rebusan mie sehingga akan baik untuk mengganti air rebusan mie dengan air rebusan yang baru.

Mengurangi penggunaan bumbu

Jika mengurangi bumbu dapat membuat rasa mie jadi kurang lezat anda dapat membuat bumbu racikan sendiri dengan menggunakan bumbu dapur alami.

Tambahkan menu lain sebagai pelengkap

Sebagai upaya menyeimbangkan gizi pada sajian mie instan anda dapat menambahkan menu lain sebagai pelengkap. seperti sayur, telur, daging cingcang, tahu, tempe dan menu sehat lainnya.

Menahan keinginan untuk tidak mengonsumsi mie instan memanglah tidak mudah maka dari itu cobalah beberapa tips diatas untuk meminimalkan efek samping dan bahaya mie instan bagi kesehatan. Selamat mencoba. (Pe/Djavatoday)

Kenali Manfaat dan Khasiatnya, Ini Dia Pentingnya Minum Jamu

Pentingnya minum jamu cukup populer kedengarannya. Sebagai bangsa Indonesia, minum jamu adalah tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu-dulu untuk menjaga kesehatan. Terkenal dengan khasiatnya,...

Manfaat Kayu Manis, Rempah Beraroma Berjuta Khasiat

Manfaat kayu manis bagi kehidupan sehari-hari manusia ternyata sangat penting, mulai dari pelengkap bumbu masakan hingga kesehatan. Kayu manis merupakan sebuah tanaman atau pohon...

Manfaat Minum Air Kelapa secara Rutin bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat minum air kelapa cukup banyak dan beragam. Dalam segi kesehatan, air kelapa dipercaya mampu menjadi obat tradisional yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Air...

8 Manfaat Mengonsumsi Singkong Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi singkong rebus dapat meningkatkan stamina karena kandungan karbohidratnya yang melimpah. Selain rasanya yang enak, singkong merupakan sumber serat yang bisa menjadi pengganti nasi....

Terpopuler

Lainnya