Minggu, Juni 23, 2024

Mengenal Bahaya Mie Instan dan Efek Samping Bagi Kesehatan

Membahas tentang mie instan, siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, selain rasanya yang enak mie instan juga mudah di sajikan. Banyak orang yang menjadikan mie instan sebagai makanan andalan di saat lapar. Rasanya yang gurih tentu digemari banyak orang. Namun, terlalu banyak dan sering mengonsumsi mie instan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah bahaya mie instan serta efek samping bagi kesehatan tubuh jika di konsumsi terlalu sering.

Bahaya Mie Instan dikonsumsi Berlebih

Gangguan pencernaan

Mie instan kerap disebut sebagai makanan yang tidak baik bagi sistem pencernaan tubuh karena kandungan serat didalam mie instan cukup rendah. Hal itu dapat menyebabkan risiko sembelit atau menjadikan siklus buang air besar (BAB) menjadi tidak lancar.

Mengandung tinggi natrium

Kandungan natrium atau garam jika di konsumsi berlebih dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi kandungan garam berlebih dapat memicu penyakit jantung serta dapat meningkatkan risiko kanker lambung bahkan kematian di usia muda.

Mengandung MSG

Bahaya mie instan lainnya adalah mengandung MSG atau monosodium glutamate. MSG merupakan salah satu bahan yang terkandung dalam satu porsi mie instan. Zat ini di gunakan sebagai penguat rasa makanan yang membuat makanan terasa lebih lezat.

Di ketahui dalam satu porsi mie instan mengandung MSG yang cukup tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi MSG dapat memicu kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi, bahkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan MSG dapat menurunkan kinerja otak.

Baca Juga : Berita Seputar Jawa barat

Hal lain yang perlu di perhatikan dalam membahas bahaya mie instan adalah kemasannya. Pastikan kemasan yang digunakan baik untuk kesehatan.

Itulah beberapa Bahaya mie instan serta efek samping bagi kesehatan tubuh.

Nah, bagi kalian yang masih ingin mengonsumsi mie instan ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk meminimalkan efek samping dari mengonsumsi mie instan.

Tips sehat mengonsumsi mie instan

Konsumsi mie instan hanya 1 kali dalam seminggu

Seperti yang kita ketahui mengonsumsi terlalu banyak mie instan tidak baik bagi kesehatan tubuh oleh karena itu usahakan untuk segera menguranginya dengan cara mengonsumsi mie instan 1 kali dalam seminggu. Buang air rebusan mie instan dan ganti dengan air rebusan yang baru.

Beberapa orang menganggap jika kandungan bahaya dari mie instan ikut larut dalam air rebusan mie sehingga akan baik untuk mengganti air rebusan mie dengan air rebusan yang baru.

Mengurangi penggunaan bumbu

Jika mengurangi bumbu dapat membuat rasa mie jadi kurang lezat anda dapat membuat bumbu racikan sendiri dengan menggunakan bumbu dapur alami.

Tambahkan menu lain sebagai pelengkap

Sebagai upaya menyeimbangkan gizi pada sajian mie instan anda dapat menambahkan menu lain sebagai pelengkap. seperti sayur, telur, daging cingcang, tahu, tempe dan menu sehat lainnya.

Menahan keinginan untuk tidak mengonsumsi mie instan memanglah tidak mudah maka dari itu cobalah beberapa tips diatas untuk meminimalkan efek samping dan bahaya mie instan bagi kesehatan. Selamat mencoba. (Pe/Djavatoday)

5 Cara Efektif Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan bantuan dokter atau menggunakan bahan alami, sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Sebelum makin parah, cobalah untuk...

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya