Kamis, Mei 30, 2024

Menerapkan Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi covid 19 memang membawa berbagai perubahan dalam hidup manusia. Dari mulai aktivitas seperti bekerja, kegiatan belajar di rumah, hingga perubahan gaya hidup yang lebih memprioritaskan kesehatan. Menerapkan pola hidup sehat sebenarnya sudah di imbau sejak lama. Namun dengan mewabahnya virus ini pola hidup sehat mulai benar-benar di terapkan.

Apasih yang di maksud dengan menerapkan pola hidup sehat?

Pola hidup sehat merupakan gaya hidup  yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari makanan yang di konsumsi, istirahat yang cukup serta perilaku kita sehari-hari.

Tujuan dari pola hidup sehat tentunya agar kita senantiasa terhindar dari berbagai penyakit.

Menerapkan Pola Hidup Sehat pada Aktivitas Sehari-hari

Adapun langkah yang bisa di lakukan dalam pola hidup sehat adalah sebagai berikut:

Mengonsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang memenuhi standar kesehatan. Seperti halnya perbanyak makan sayur dan buah. Tak hanya itu pola makan pun harus dijaga.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Minum paling tidak 8 gelas perhari dapat membantu tubuh agar tidak mudah dehidrasi serta dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Istirahat Yang Cukup

Dalam menerapkan pola hidup sehat, kita perlu tidur yang cukup. Sehingga dapat membantu memaksimalkan metabolisme dan menjaga daya tahan tubuh. Usahakan untuk tidur 7-8 jam setiap harinya.

Rajin Mencuci Tangan

Rajin mencuci tangan merupakan salah satu hal kecil yang dapat dilakukan guna menjaga kesehatan tubuh kita. terutama di masa pandemi seperti ini.

Tangan adalah organ tubuh yang paling sering digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Tanpa di sadari aktivitas sehari-hari membuat tangan selalu bersentuhan dengan benda-benda. seperti halnya gagang pintu, pulpen dan benda lainnya.

Baca Juga: Makanan Pemicu Munculnya Jerawat, Tak Hanya Gula

Sementara itu, kita tidak tahu apakah benda-benda tersebut bebas dari kuman ataupun tidak. Sehingga dengan rajin mencuci tangan menjadi solusi terbaik agar kita terhindar dari berbagai penyakit yang bisa kapan saja menghampiri kita. Untuk itu kita perlu menerapkan pola hidup sehat.

Gunakan masker ketika pergi keluar rumah

Penggunaan masker dimasa pandemi seperti sekarang menjadi hal yang sangat penting. Masker dapat mencegah penyebaran virus dengan melindungi bagian wajah Dari droplet seseorang  yang mengandung covid 19.

Namun, masyarakat perlu tahu bahwa masker yang digunakan tidak bisa sembarangan. Gunakanlah masker 3 lapis yang berbahan kain. tidak disarankan untuk memakai masker scuba atau buff.  Karena di yakini masker scuba kurang efektif dalam mencegah penularan virus covid 19.

Terapkan Physical Distancing

Phisycal distancing atau jaga jarak merupakan protokol kesehatan yang dianjurkan pemertintah selain mencuci tangan dan memakai masker. Pastikan kamu tetap menjaga jarak dan tidak melakukan kontak terlalu dekat dengan orang lain kecuali memang di perlukan. Usahakan untuk menghindari kerumunan di tempat ramai.

Itulah beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan dalam menerapkan pola hidup sehat. (Pe/Djavatoday.com)

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Kolesterol!

Manfaat bawang putih ada banyak loh. Siapa sangka bahwa bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Bawang putih memiliki...

5 Tips Menjadi Perempuan Mandiri, Tertarik untuk Menerapkannya? 

Menjadi perempuan mandiri di era yang selalu mengedepankan keahlian hingga kapabilitas merupakan satu hal yang patut dibanggakan. Setiap perempuan memerlukan kontrol atas dirinya sendiri,...

4 Style Selebgram Hijabers yang Bisa Jadi Kiblat OOTD

Style selebgram hijabers emang gak pernah gagal memanjakan mata. Di Indonesia ada banyak nih selebgram berhijab yang stylenya gak kaleng-kaleng. Bikin adem dan tetap...

Dampak Terlalu Banyak Memakai Pelembab yang Dapat Merugikan Kulit

Terlalu banyak memakai pelembab dapat memberikan dampak buruk terhadap kulit wajah. Berbagai masalah kulit dapat disebabkan oleh skin barrier yang rusak akibat over moisturizing....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya