Rabu, Oktober 27, 2021

Manfaat Merendam Kaki Menggunakan Air, Bisa Atasi Insomnia

Manfaat merendam kaki ternyata tak hanya bisa meringankan rasa pegal atau nyeri otot. Ada berbagai manfaat lain yang bisa Anda rasakan. Untuk manfaat yang maksimal atau yang diharapkan, sebaiknya Anda merendam kaki menggunakan air dingin atau hangat selama 15 detik.

Ragam Manfaat Merendam Kaki dengan Air 

Untuk Anda yang sering merasakan sakit kepala, insomnia, nyeri otot, atau sendi, ada baiknya mencoba terapi ini. Mengapa demikian? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Mengatasi Insomnia

Baca juga:

Manfaat merendam kaki dengan air yang pertama adalah mampu mengatasi insomnia atau sulit tidur. Sebaiknya, gunakan air dingin lalu beri garam untuk hasil yang optimal. Merendam kaki akan mengakibatkan otot menjadi rileks. Setelah itu, timbullah rasa nyaman dan ketegangan tubuh akan menghilang.

Lelah dan pusing setelah seharian beraktivitas pun akan hilang. Ini akan membantu Anda untuk bisa tidur. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah meredakan flu, kaki pegal, dan sembelit.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat merendahkan kaki yang kedua adalah membantu melancarkan peredaran darah. Caranya cukup mudah. Siapkan air hangat dan air dingin. Rendamlah kaki di air hangat lalu pindahkan dan rendam di air dingin. 

Durasinya 2 menit pada air hangat dan sekitar 30 menit pada air dingin. Terapi ini akan lebih maksimal manfaatnya jika dibarengi dengan mengonsumsi daun wortel. Bukan tanpa alasan, daun wortel memang dipercaya dapat mengalirkan darah lebih lancar dan teratur ke seluruh tubuh.

Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat merendam kaki yang ketiga adalah mampu mengatasi sakit kepala. Ini bisa menjadi alternatif terapi selain mengonsumsi obat. Cukup siapkan air dingin yang telah ditambah sedikit ea batu dalam wadah. Kemudian, rendam kaki selama sekitar 10 menit. Ini berfungsi untuk mengubah tekanan peredaran darah pada otak. 

Mengatasi Nyeri Otot

Seharian beraktivitas tentu akan membuat otot Anda terasa pegal, kaku, bahkan nyeri. Apalagi jika Anda melakukan aktivitas yang berat saat bekerja. Cobalah merendam kaki menggunakan air hangat dan dingin untuk mengatasinya.

Caranya, rendam kaki terlebih dahulu di air hangat. Kemudian, pindahkan kaki untuk direndam dalam air dingin selama sekitar 1 menit. Setelah berendam, bilaslah kaki menggunakan air dingin. Ini bisa membantu memberikan relaksasi pada otot sehingga mengurangi nyerinya.

Meredakan Radang Sendi

Mnafaat merendam kaki yang berikutnya adalah mampu meredakan radang sendi atau arthritis. Anda bisa merendam kaki dengan air es atau di bagian lain yang terasa nyeri sendinya. Selain merendam, Anda juga bisa melakukan kompresan pada sendi yang sakit tersebut. Gunakan handuk yang telah diisi es.

Menghilangkan Bau Kaki dan Masalah Kaki Lainnya

Bau pada kaki terkadang menjadi gangguan saat kita melakukan aktivitas. Ternyata bau pada kaki tersebut bisa diatasi dengan cara merendamnya pada air hangat yang telah dicampur garam. 

Cukup larutkan sekitar setengah sendok garam ke dalam air hangat lalu rendamlah selama 10 hingga 20 menit. Cara ini ampuh untuk membersihkan kaki dan mencegah perkembangan kuman dan bakteri pada kaki yang menyebabkannya bau. Manfaat lainnya adalah membantu perawatan kuku kaki, dan mengatasi kaki pecah-pecah. Juga mampu mengurangi nyeri akibat cantengan, dan mengatasi infeksi jamur pada kaki.

Nah, itulah beberapa manfaat merendam kaki dengan air yang menakjubkan. Terapi sederhana ini ternyata membawa banyak manfaat bagi tubuh. Ini bisa menjadi alternatif lain selain mengonsumsi obat-obatan.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU