Rabu, Oktober 27, 2021

Larangan saat Menstruasi, Hindari Beberapa Hal Berikut Ini

Masih ada beberapa orang yang terjebak mitos dan belum benar-benar memahami larangan saat menstruasi. Mempercayai mitos yang belum terbukti benar bisa membahayakan kondisi kesehatan, apalagi saat haid. 

Di saat datang bulan, tentu wanita harus lebih memperhatikan kondisi tubuhnya. Apabila wanita cenderung mengabaikan kondisi kesehatan dan kebersihan saat menstruasi, hal ini bisa berdampak buruk. Agar tidak terjebak mitos, yuk ketahui beberapa larangan ini. 

Dilarang Pakai Pembersih dengan Aroma

Baca juga:

Sabun pembersih area kewanitaan, semprotan, atau krim merupakan salah satu larangan saat menstruasi karena bisa menyebabkan iritasi pada organ intim. Gunakan pembersih yang tidak mengandung aroma dan bisa sesuai dengan pH alami area kewanitaan. 

Apabila terdapat aroma tidak sedap dan terasa gatal yang tidak wajar, segera temui dokter untuk mendapat perawatan. 

Dilarang Minum Kopi Terlalu Banyak

Menurut penelitian, kafein bisa meningkatkan kecemasan dan peningkatan detak jantung, kondisi ini memicu gejala sakit saat menstruasi. Minuman berkafein juga bisa memicu rasa kembung dan nyeri payudara selama menstruasi. 

Terlalu banyak minum kopi dan teh termasuk larangan saat menstruasi, jadi sebaiknya dibatasi. Agar tidak memicu gejala PMS, batasi asupan kafein ketika sedang menstruasi. 

Dilarang Rebahan Terus

Ketika mengalami haid, tubuh cenderung mudah lelah dan menyebabkan wanita ingin rebahan terus. Meskipun berat, sebaiknya tidak terlalu lama berdiam diri. Usahakan untuk bangun dan dan tetap bergerak selama masa menstruasi. 

Olahraga ringan seperti yoga bisa membantu meringankan kram saat haid dan menjaga suasana hati. Agar kamu tetap bersemangat, yuk banyak bergerak saat haid. 

Dilarang Mengkonsumsi Makanan Asin Berlebihan

Makanan asin yang mengandung tinggi garam cenderung membuatmu dehidrasi. Hal ini disebabkan karena garam mengikat air, sehingga tubuh terasa bengkak akibat cairan yang ditimbun. Agar menstruasi lancar, batasi konsumsi makanan yang mengandung garam. 

Siklus haid memang tidak bisa dihindari bagi wanita. Perlu usaha ekstra untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Mematuhi larangan saat menstruasi juga bisa membantu kita menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, menghindari stres dan mencegah infeksi penyakit menular.  (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU