Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Lakukan 5 kebiasaan Ini Untuk Menambah Tinggi Badan si Kecil

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Menambah tinggi badan bukanlah hal yang mustahil. Apalagi jika diterapkan pada anak-anak usia dini yang sedang dalam tahap perkembangan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sang anak. Seperti berolahraga, memperhatikan asupan nutrisi hingga waktu istirahatnya.

Sering-sering temani anak anda melakukan peregangan tubuh agar tulang belakangnya tidak mengimpit sehingga tidak berpotensi menyebabkan hambatan dalam fase perkembangan. Lalu apa aja sih, kebiasaan-kebiasaan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak? Simak penjelasannya, yuk

Menambah Tinggi Badan sang Anak, Ini Tipsnya

Tidak semua anak-anak memiliki masa pertumbuhan yang cepat dan pesat, terutama dalam penampilan fisik. Mungkin ada beberapa faktor yang tanpa disadari menghambat perkembangan tinggi badan sang anak. Tapi nggak perlu khawatir, Moms! Berikut merupakan tips yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan si kecil. 

Berenang

Rutin berenang dapat memicu pelepasan hormon yang berpengaruh terhadap tinggi badan seseorang. Saat berenang, hampir seluruh otot memiliki peran aktif karena banyak mendapatkan tekanan, sehingga panjang otot kian bertambah. Hasilnya memang tidak instan, tapi perubahannya akan terasa setelah seseorang rajin melakukannya. Maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasakan anak anda dengan membuat jadwal rutin berenang, serta konsisten agar dapat membawa manfaat yang nyata.

Minum susu

Sering mengonsumsi susu dapat melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil. Untuk memperkuat sel tulang, tubuh membutuhkan kalsium, dan dengan meminum susu inilah kandungan kalsium akan terpenuhi. Selain itu, susu mengandung vitamin D yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan seseorang.

Makan makanan bergizi

Menambah tinggi badan bisa juga dengan mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Asupan gizi sangatlah penting karena olahraga saja tidak cukup untuk perkembangan tubuh. Kamu harus memperhatikan pola makan anakmu dengan tidak membiarkannya mengonsumsi junk food secara berlebihan. 

Lompat tali

Menambah tinggi badan dengan olahraga lompat yang dilakukan berulang-ulang bisa dicoba di rumah. Tidak berbahaya, lompat tali merupakan salah satu bentuk latihan yang simpel karena hanya memerlukan tali dan tidak membutuhkan ruang yang luas. Tidak hanya lazim dijadikan alternatif untuk meninggikan badan, lompat tali juga bermanfaat untuk membakar kalori dalam tubuh, lho. Semakin rutin melakukannya, maka semakin besar pula hasil yang diperoleh. 

Tidur cukup

Jangan sepelekan ini! Anak anda perlu waktu tidur yang cukup untuk mengoptimalkan produksi hormon HGH dan menstabilkan pertumbuhan tinggi badannya. Anak usia 6-12 tahun memiliki jam tidur ideal selama sembilan hingga sebelas jam. Pastikan anak anda mendapat waktu istirahat yang cukup ya.

Itu dia 5 kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan si kecil. Selalu perhatikan pola hidup anak anda di masa perkembangannya ya! (Karin/Djavatoday) 

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Tips Manjur Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal paling penting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Peran gigi sangatlah berpengaruh terhadap sistem pencernaan manusia, sebab...

Terpopuler

Lainnya