Minggu, Juli 14, 2024

Ketahui 5 Tempat Munculnya Jerawat dan Penyebabnya

Jerawat adalah masalah kulit yang sering dialami banyak orang. Terkadang kondisi ini membuat penampilan menjadi terganggu. Salah satu sebab munculnya jerawat adalah kurang menjaga kebersihan kulit. Tapi tahukah kamu jika tempat munculnya jerawat yang berbeda bisa disebabkan oleh penyebab yang berbeda pula?

Berikut 5 jenis jerawat berdasarkan tempat munculnya, antara lain :

Baca juga : Atasi Masalah Kulit Menghitam, dari Wajah Hingga Lutut

Jerawat di dagu

Jerawat di dagu memang bisa mengganggu penampilan. Hal ini disebabkan karena biasanya jerawat di dagu akan nampak jelas dan biasanya sering muncul secara tiba-tiba.

Jerawat di area dagu biasanya di sebabkan oleh faktor hormon androgen yang berlebih. Untuk mengurangi peradangannya, gunakan kompres dingin pada area jerawat sekitar 5 menit.

Jerawat di area T-Zone

Area T-Zone adalah area di sekitar dahi dan juga hidung. Biasanya jerawat di dahi muncul dalam jumlah yang banyak, baik itu berupa bruntusan ataupun jerawat yang meradang.

Kemunculan jerawat di area ini biasanya di sebabkan oleh faktor produksi minyak yang berlebih, stres dan juga kurang tidur. Untuk mengatasinya kamu cukup bersihkan wajah 2 kali dalam sehari dengan menggunakan pembersih wajah yang di formulasikan untuk kulit berminyak.

Jerawat di punggung

Beberapa orang memiliki masalah jerawat di punggung yang terasa mengganggu dan juga menimbulkan rasa sakit. Sama seperti penyebab jerawat pada umumnya, jerawat di punggung muncul akibat penyumbatan keringat yang pada akhirnya memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu jerawat di punggung juga bisa muncul akibat faktor genetik atau ketidakseimbangan hormon seseorang. Untuk mengatasinya coba gunakan sabun mandi yang mengandung belerang atau antiseptik serta selalu gunakan pakaian bersih dan mudah menyerap keringat

Jerawat di pipi

Jerawat ini bisa langsung membuat seseorang kehilangan percaya diri. Penyebabnya bisa terjadi akibat penggunaan ponsel maupun sarung bantal yang kotor.

Untuk itu sebaiknya jaga kebersihan layar ponselmu dan sering-seringlah mencuci sarung bantal agar kotoran dan kuman tidak menempel pada pipimu.

Jerawat di kulit kepala

Jerawat tidak hanya muncul di wajah saja, tetapi bisa tumbuh di area kulit kepala. Kondisi ini juga disebut scalp folliculitis. Jerawat ini tumbuh akibat pori-pori kulit kepala yang tersumbat oleh kotoran dan minyak. Penyumbatan ini mengakibatkan folikel rambut menjadi bengkak dan terinfeksi bakteri.

Jika kamu mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya gunakan sampo yang bisa mengurangi minyak di kulit kepala serta bilas rambut dengan bersih setelah keramas. (Willy/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya