Selasa, Juni 25, 2024

Kesalahan Cuci Muka Yang Justru Dapat Merusak Kulit, Ini Contohnya

Cuci muka merupakan salah satu step skincare yang sangat tidak rumit jika di pikirkan. Ambil air-basuh wajah-pake sabun muka-basuh lagi. Tapi ternyata, tidak sesimple itu. Kebiasaan-kebiasaan yang salah dalam mencuci muka justru menjadi penyebab masalah kulit yang gak kelar-kelar. Lantas apa saja sih, yang termasuk kedalam kesalahan cuci muka?

Salah memilih sabun cuci muka

Dalam pemilihan sabun cuci muka harus dicocokan dengan kebutuhan kulit kita serta tipe dan kondisi kulit wajah kita.  Sabun cuci muka sebagai tujuan dasarnya adalah untuk membersihkan minyak berlebih atau kotoran-kotoran yang terakumulasi pada permukaan kulit wajah kita. Tapi ternyata, pada saat yang sama cuci muka juga tidak boleh terlalu hars/kasar. Sehingga akan mengangkat minyak-minyak alami atau komponen alami pada kulit kita yang justru akan merusak skin barrier kita.

Kesalahan Cuci Muka Dapat Merusak Skin Barrier

Apa itu skin barrier? Skin barrier merupakan tameng atau proteksi. Skin=kulit barrier=pelindung. Skin barrier itu seumpama atap pada rumah. Jadi, kalau ada hujan atau panas yang keterlaluan tidak akan langsung merusak perabotan yang ada di rumah kita melainkan terproteksi oleh atap terlebih dahulu sehingga rumah kita tidak akan rusak.

Begitu juga skin barrier kalau dia kumplit, aman, gak bocor dan gak rusak itu artinya akan melindungi kulit kita. Sehingga kulit kita juga akan secara alami membantu supaya melawan bakteri-bakteri jahat yang mau masuk ke kulit wajah kita. Jadi dia adalah proteksi paling depan, garda terdepan dalam hal melindungi kulit wajah kita.

Baca Juga : Simak Berbagai Berita Menarik Seputar Ciamis

Nah, bayangkan kalau skin barrier kita sudah rusak atau atap rumah kita sudah rusak yaudah apapun yang mau masuk akan langsung masuk gak akan ada filternya sehingga susahlah bagi kita untuk membuat kulit wajah kita menjadi sehat.

Nah, kesalahan dalam pemilihan sabun cuci muka inilah kalau misalnya gak tepat skin barrier kita bisa melemah atau tidak akan memberikan efek apapun untuk kulit kita.

Terlalu sering cuci muka

Yang termasuk kedalam terlalu sering cuci muka itu adalah cuci muka menggunakan facial wash atau sabun cuci muka. Idealnya adalah 2 kali dalam sehari pagi dan malam hari. Boleh kita tambah penggunaannya kalau misalnya kita selesai workout/berolahraga yang menyebabkan terlalu banyak keringat.

Karena ingat, bahwa terlalu sering mencuci muka menggunakan sabun cuci muka juga dapat merusak skin barrier kita. Kulit akan menjadi terlalu kering sehingga secara alami kulit kita justru akan memproduksi kelebihan minyak.

Tidak mencuci tangan sebelum cuci muka

Kesalahan cuci muka selanjutnya adalah tidak mencuci tangan sebelum cuci muka.  Jangan lupa, kalau kita tidak mencuci tangan sebelum cuci muka, kita akan secara otomatis menempelkan bakteri-bakteri jahat dari tangan ke kulit wajah kita. Hal itu hanya akan membuat kulit kita bermasalah lagi. Jadi, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu baru cuci muka.

Cuci muka terlalu kuat

Tak jarang banyak orang mencuci wajah dengan digosok sekuat tenaga. Memang biasanya kita berpikir semakin kuat kita menggosok kulit semakin bersih juga hasilnya. Nyatanya, menggosok kulit terlalu kuat akan membuat komponen alami kulit wajah yang seharusnya tak terangkat akan ikut terangakat juga. Dan itu tidak baik untuk kulit wajah kita.

Pakai sabun cuci muka terlalu banyak/sedikit

Size penggunaan sabun cuci muka juga harus di perhatikan harus benar dan pas. Lantas, sizenya seperti apa? Cukup seperti sebesar koin 50 perak jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak.

Terlalu hemat/sedikit hanya akan membuat wajah tidak bersih dan terlalu boros/banyak juga tidak akan menambah manfaat exstra apapun. Jadi, pakailah secukupnya dan itu akan efektif untuk membersihkan kulit wajah kita.

Nah itu dia kelima kesalahan cuci muka yang tanpa sadar sering kita lakukan dan justru akan membuat kulit wajah kita rusak. Walaupun kelihatanya sepele tetapi banyak yang harus di perhatikan.  Semoga bermanfaat. (Pe/Djavatoday)

5 Cara Efektif Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan bantuan dokter atau menggunakan bahan alami, sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Sebelum makin parah, cobalah untuk...

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya