Rabu, Oktober 27, 2021

Jenis Olahraga Pembakar Kalori Paling Banyak, Pejuang Diet Mari Merapat

Jenis olahraga pembakar kalori pastinya menjadi kebutuhan bagi para pejuang diet atau pejuang tubuh ideal. Selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat sesuai takaran, olahraga juga menjadi faktor penting untuk menurunkan berat badan. Diet juga bukan hanya tentang bagaimana menjadikan tubuh langsing atau sekadar menurunkan berat badan. Namun, diet juga merupakan langkah memiliki tubuh ideal yang sehat, dengan olahraga inilah kesehatan tubuh akan terjaga.

Sebelum kita membahas olahraga apa saja yang membakar kalori paling banyak, ada baiknya kita mengetahui apa itu kalori dalam tubuh. Kalori adalah satuan yang memperlihatkan seberapa banyak energi yang dapat diperoleh dari makanan dan minuman. Itulah mengapa penting untuk dapat memenuhi kebutuhan kalori setiap hari supaya tubuh lebih berenergi saat beraktivitas.

Baca juga:

Kalori yang didapat dari makanan dan minuman akan diolah jadi energi melalui metabolisme. Energi yang dihasilkan akan mendukung kinerja dan fungsi berbagai organ dalam tubuh. Adapun sisa kalori yang tidak diubah menjadi energi akan disimpan dalam tubuh sebagai jaringan lemak. Inilah mengapa mengonsumsi kalori berlebih bisa meningkatkan berat badan jika tidak diiringi olahraga dan produktivitas fisik.

Jenis Olahraga Pembakar Kalori Paling Banyak

Ada enam jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori yang akan dibahas kali ini. Penasaran jenis olahraga apa saja itu? Simak penjelasan berikut ini, ya, Sobat Djava.

Lari

Di posisi pertama jenis olahraga pembakar kalori paling banyak ditempati oleh lari. Olahraga yang satu ini bisa membakar sekitar 748 kalori per jam. Jika Anda berlari dengan kecepatan yang pelan selama setengah jam, itu sama dengan Anda membakar 260 kalori.

Waktu yang tepat untuk olahraga lari dengan tujuan membakar kalori adalah pada pagi hari. Namun, pastikan Anda melakukan pemanasan yang cukup. Namun, sebuah penelitian dari California mengungkapkan, berolahraga lari paling baik adalah pada waktu sore sekitar jam 4 sampai 5 sore. Hal ini karena pada sore hari, suhu inti tubuh sedang mencapai puncaknya.

Berenang

Berbagai penelitian memang telah membuktikan bahwa berenang bisa membakar kalori dalam tubuh. Jika dilakukan dengan efektif dan cara yang benar, olahraga berenang bisa membakar 700 sampai 800 kalori per jam. Berenang masuk ke dalam jenis olahraga pembakar kalori paling banyak karena saat berenang semua otot bekerja. Akibatnya, massa otot bertambah dan metabolisme meningkat sehingga mampu membakar kalori.

Sebaiknya Anda berenang dengan gaya kupu-kupu atau gaya bebas karena gaya punggung dan katak hanya membakar kalori setara jogging. Intensitas saat berenang juga menentukan seberapa banyak kalori yang terbakar. Usahakan melakukan pemanasan dan pendinginan agar saat berenang tidak terjadi kram. Jangan makan berlebih setelah berenang, ya.

Bersepeda

Akhir-akhir ini, bersepeda menjadi suatu trend yang wajib dilakukan setiap harinya. Terutama adanya pandemi Covid-19 membuat bersepeda banyak diminati sebagai sarana olahraga untuk meningkatkan imun tubuh. Ternyata, bersepeda tidak hanya bisa meningkatkan imunitas tubuh, tetapi juga bisa membakar kalori dalam tubuh.

Dengan bersepeda, Anda akan mampu membakar kalori sekitar 400 sampai 600 kalori per jamnya. Anda bisa bersepeda setiap 1 jam per harinya sebelum beraktivitas. Anda juga bisa melakukan olahraga dengan sepeda statis di tempat gym atau di rumah. 

Zumba

Jenis olahraga pembakar kalori paling banyak yang selanjutnya adalah zumba. Olahraga zumba ini bisa menjadi olahraga yang menyenangkan. Zumba merupakan jenis olahraga yang terinspirasi dari tarian Latin, diiringi dengan musik populer dan koreografi terstruktur. Zumba adalah olahraga yang mengharuskan semua anggota tubuhmu bergerak dengan energi tinggi.

Sebuah penelitian menyebut dengan melakukan zumba sekitar 1 jam akan membakar 400 sampai 600 kalori. 

Boxing

Boxing merupakan jenis olahraga pembakar kalori paling banyak yang selanjutnya. Untuk Anda yang menyukai olahraga intens, keras, dan berpasangan, olahraga boxing ini sangat cocok. Boxing bisa membakar 500 sampai 600 kalori bahkan sampai 800 kalori per jam. Efektif untuk menurunkan berat badan.

Bodyweight Workout

Jenis olahraga pembakar kalori paling banyak yang terakhir adalah olahraga bodyweight workout. Anda ingin membakar kalori tubuh tetapi tidak mempunyai alat olahraga? Anda bisa melakukan bodyweight workout ini di rumah lho. Bodyweight merupakan jenis olahraga yang memanfaatkan bobot tubuh dan gravitasi tanpa alat apapun.

Anda bisa melakukan bodyweight exercise seperti push up, lunge, jumping jacks, squat, pull, core, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan bodyweight workout ini, Anda bisa membakar 400 sampai 800 kalori per jam. 

Nah, itulah jenis olahraga pembakar kalori paling banyak yang bisa dijadikan alternatif menurunkan berat badan. Bagi Anda pejuang diet sehat, Anda wajib melakukan ini secara teratur. Ingat bahwa kalori maksimal tersebut bisa dibakar apabila olahraga dilakukan dengan benar. Baik secara ketepatan, kecepatan gerakan, juga lamanya resting time. (Risma/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU