Minggu, Mei 26, 2024

Jenis Buah yang Menyehatkan, Cocok untuk dikonsumsi Sahur dan Berbuka

Jenis buah yang menyehatkan ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Saat berpuasa sangat penting untuk selalu menjaga tubuh agar tetap sehat. Asupan nutrisi yang baik menjadi salah satu cara menjaga tubuh kamu tetap sehat. Buah diyakini memiliki banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin, serat, dan mineral.

Terdapat beberapa jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat bulan Ramadan.  Buah-buahann tersebut diyakini dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan dapat meningkatkan imunitas tubuh. 

5 Jenis Buah yang Menyehatkan 

Berikut 5 jenis buah yang menyehatkan, cocok untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Apel

Jenis buah yang menyehatkan pertama adalah buah apel. Apel memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Vitamin yang terkandung dalam buah ini sangat banyak seperti vitamin C, vitamin B9, vitamin K, dan vitamin E. Kemudian kandungan mineral yang dimiliki apel seperti fosfor, kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi. 

Kandungan yang terdapat dalam buah apel ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Saat mengkonsumsi buah apel akan menimbulkan rasa kenyang, hal ini bisa membantu utuk menjaga berat badan tetap stabil.

Semangka

Jenis buah yang menyehatan kedua yaitu buah semangka. Saat dikonsumsi dalam jumlah yang cukup semangka sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena semangka memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik. Vitamin yang terdapat dalam buah semangka yaitu vitamin C, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B6. 

Dalam satu buah semangka terdapat 92% air dan elektrolit yang baik untuk menghidrasi tubuh. Salah satu khasiat mengkonsumsi buah semangka adalah melembabkan tubuh saat bulan kemarau.

Alpukat

Jenis buah yang menyehatkan selanjutnya adalah buah alpukat. Memiliki hampir 20 vitamin dan mineral yang terkadung dalam buah alpukat. Vitamin dan mineral yang paling banyak terkandung seperti vitamin K, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, folat, zat besi, dan kalium. Tak hanya itu alpukat juga memiliki lemak tak jenuh yang sehat bagi tubuh. 

Mengkonsumsi buah alpukat dapat dapat menurunkan kolestrol, karena didalamnya terdapat lemak monosaturated dan asam oleat. Selain itu mengkonsumsi buah alpukat secara teratur dapat membantu pengidap diabetes karena mampu mengurangi kadar trigliserida sebanyak 20%.

Pepaya

Buah pepaya biasanya dikenal sebagai buah yag memilii manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Ternyata tak hanya itu loh, mengkonsumsi buah pepaya sangat banyak manafaatnya bagi kesehatan tubuh. Salah satu contoh lain dari manfaat buah pepaya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh berfungsi untuk menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. 

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, bahkan melebihi vitamin C dalam buah jeruk. Selain itu vitamin yang terkandung dalam pepaya antara lain vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, kalsium, serat, potassium, folat, dan magnesium.

Blewah

Jenis buah yang menyehatkan terakhir adalah blewah. Blewah sering dijadikan menu saat berbuka puasa. Dibalik rasanya yang manis dan segar ternyata buah ini memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Diantaranya yaitu karbohidrat, protein, lemak, gula, kalsium, magnesium, kalium, vitamin A, dan Vitamin C.

Itu dia 5 jenis buah yang menyehatkan, cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Mengkonsumsi buah-buahan tersebut sangat dianjurkan agar nutrisi selama berpuasa terpenuhi. Semoga artikel ini dapat membantu ya. (Skmawati/Djavatoday).

5 Resep Kombinasi Buah dan Sayur yang Bisa dijadikan Jus untuk Diet

Kombinasi buah dan sayur merupakan perpaduan yang menyehatkan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Menariknya lagi, campuran buah dan sayur yang diolah menjadi jus bisa...

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...

5 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan, Bagus untuk Diet!

Manfaat beras merah gak hanya cocok untuk diet saja loh. Nyatanya bahan makanan yang satu ini memiliki berbagai macam manfaat lain yang dapat berguna...

5 Rekomendasi Obat Kumur untuk Jaga Kesehatan Mulut

Rekomendasi obat kumur kali ini bisa kamu dapatkan secara mudah, baik di online store maupun offline store. Bahkan beberapa di antaranya juga sudah tersedia...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya