Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis. Saat berbuka puasa, rasanya kurang afdal kalau belum ada si kecil berwarna cokelat yang manis ini. Mengawali berbuka dengan takjil favorit untuk mengembalikan stamina tubuh seakan sudah menjadi rutinitas yang kerap dilakukan. Meskipun tidak ada aturan sahih yang menyertakan berapa butir kurma yang harus dimakan, tapi sunah nabi menganjurkan kita memakan tiga butir kurma saat berbuka puasa. Namun ada pula yang mengatakan sebaiknya mengonsumsi kurma dalam jumlah yang ganjil. 

Mengonsumsi buah kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya rasanya yang membuat seseorang menyukainya, tapi khasiatnya juga bikin orang-orang jatuh cinta. Kurma memiliki kandungan magnesium dan kalium yang mampu menstabilkan tekanan darah pada tubuh. Tapi bukan sebatas menjaga tekanan darah agar tetap normal, manfaat kurma lebih daripada itu.

Mengonsumsi Buah Kurma, Penting untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma sama saja dengan mengonsumsi vitamin sekaligus mineral yang bisa memenuhi asupan nutrisi kamu nih, sob! Ampuh mengatasi berbagai penyakit, ini dia manfaat makan kurma untuk kesehatan tubuh.

Mencegah anemia

Kurma mempunyai manfaat dalam bermacam-macam kondisi kesehatan, salah satunya yaitu mencegah anemia. Kurma menjadi penawar bagi penderita anemia yang cenderung mudah lesu. Sebab kandungan zat besi pada kurma dapat mengurangi rasa lelah. Kurma menjadi alternatif alami penambah darah untuk seseorang yang mengidap anemia.

Baik untuk kesehatan jantung

Mengonsumsi buah kurma secara rutin dapat membantu memelihara kesehatan jantung lho. Kolesterol jahat dan juga kadar lemak dalam darah yang berlebihan dapat memicu penyakit jantung. Nah! Dengan mengonsumsi buah kurma, baik kolesterol jahat maupun kadar lemak dalam darah nanti akan menurun totalnya. Yuk, jaga kesehatan jantung dengan mengantisipasi kadar kolesterol yang sangat berisiko. 

Aman dikonsumsi penderita diabetes

Rasa manis pada buah kurma akan aman bagi tubuh selagi dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Kurma memiliki kandungan serat yang dapat mengontrol kadar gula darah. Sebab kurma memiliki indeks glikemik yang rendah. Untuk menjaga kestabilan kadar gula darah, penderita diabetes cukup konsumsi 3 butir kurma saja perharinya. 

Meningkatkan energi

Ketika kamu memerlukan camilan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kurma adalah opsi yang dapat kamu pilih. Kurma mengandung fruktosa, sukrosa, serta glukosa yang baik dikonsumsi saat energimu terkuras. Letihmu akan terobati sehingga kamu bisa jadi lebih semangat menjalani aktivitas.

Menguatkan tulang

Kurma bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang melalui kandungannya yang berupa selenium, magnesium, mangan, dan tembaga. Kandungan tersebut dipercaya juga dapat memperkuat tulang serta menurunkan risiko osteoporosis. 

Buah kering yang menjadi favorit keluarga ini memang tidak usah diragukan lagi khasiatnya. Terbukti dari berbagai manfaat yang akan kamu peroleh usai mengonsumsinya. (Karin/Djavatoday)

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Tips Manjur Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal paling penting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Peran gigi sangatlah berpengaruh terhadap sistem pencernaan manusia, sebab...

5 Cara Efektif Supaya Tidak Mudah Mengantuk Saat Beraktivitas

Mudah mengantuk saat beraktivitas adalah hal paling menjengkelkan yang sering kali kita alami. Tubuh jadi tidak bersemangat untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang mesti diselesaikan....

Terpopuler

Lainnya