Selasa, Oktober 26, 2021

Dampak Terlalu Banyak Minum Kopi, Jangan Lebih dari 4 Cangkir Sehari

Dampak terlalu banyak minum kopi bisa terjadi bila kamu mengkonsumsinya lebih dari 4 cangkir sehari. Banyak orang menyukai kopi karena bisa mendapatkan perpaduan pahit dan manis yang pas di lidah. Kopi juga dapat menghilangkan kantuk dan meningkatkan konsentrasi. 

Namun, mengkonsumsi kopi ada batasnya. Penelitian menunjukkan bahwa batas mengkonsumsi kopi tidak boleh lebih dari 4 cangkir per hari. Jika melebihi batas, ada efek samping yang bisa terjadi pada tubuh. Mulai dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, parkinson, dan asam urat. 

Dampak Terlalu Banyak Minum Kopi, Waspada!

Baca juga:

Jika dikonsumsi dalam batas wajar, kopi masih terbilang aman bagi orang dewasa dan tidak membahayakan kesehatan. Namun, efek samping dari kopi bisa muncul ketika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan. 

Sering Buang Air Kecil dan Besar

Kandungan kafein pada kopi bersifat diuretik, apabila dikonsumsi terlalu banyak akan berdampak pada metabolisme tubuh. Saat kamu menjadi sering buang air kecil bahkan besar, kemungkinan itu dampak banyak minum kopi. Disarankan minum banyak air putih agar tubuh tidak dehidrasi. 

Detak Jantung Cepat

Bagi sebagian orang, minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat memicu jantung berdetak lebih cepat. Kondisi ini membuat orang jadi tidak nyaman karena bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Oleh karena itu, disarankan mengkonsumsi kopi tidak lebih dari 1-3 cangkir sehari.

Memicu Asam Lambung

Dampak terlalu banyak minum kopi bisa meningkatkan produksi asam lambung. Kondisi ini menimbulkan rasa kembung, mual, hingga perih di lambung. Untuk meminimalisir asam lambung, minum obat maag dan hentikan kopi sementara waktu. Disiplin pada jam makan dan mengelola stres juga dapat membantu pemulihan pada penderita asam lambung. 

Menderita Insomnia

Kafein yang berlebihan juga membuat kamu sulit tidur di malam hari. Kopi membuat kamu tetap terjaga, tidak mengantuk, dan lebih fokus. Namun, kopi tidak boleh dikonsumsi 3 jam sebelum tidur karena bisa mengakibatkan insomnia. Kekurangan waktu tidur menjadi salah satu penyebab berat badan naik. 

Gugup dan Cemas

Dampak terlalu banyak minum kopi bisa membuat kamu mudah gugup dan cemas. Saat sedang gelisah dan menjelang menstruasi, hindari kafein berlebih. Jika dikonsumsi lebih dari 4 cangkir sehari bisa meningkatkan rasa cemas dan gugup. (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU