Rabu, Juni 19, 2024

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat dan Ampuh

Bekas jerawat sebenarnya adalah bagian dari proses alami kulit yang terjadi setelah kita mengalami peradangan/luka.  Perlu di garis bawahi bahwa bekas jerawat adalah proses alami makanya tak heran jika ada bekasnya. Namun yang bikin kita stres adalah ketika si bekas jerawat ini hilangnya itu lama dan susah banget. Tapi jangan khawatir ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya.

Sebenarnya bekas jerawat ini akan memudar dengan sendirinya bahkan ketika tidak dilakukan perawatan apapun. Kulit manusia dapat meregenerasi dengan sendiri bisa recover atau pulih dengan sendirinya tetapi memang membutuhkan waktu yang lama.

Ada bekas jerawat yang hilangnya itu bisa 6-12 bulan bahkan lebih dari 2 tahun. Namun kabar baiknya adalah kita dapat mempercepat proses pemudarannya itu dengan cara berikut ini. 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Penyebab bekas jerawat menghitam adalah meningkatnya produksi melanin/pigmen saat kulit mengalami peradangan. Tak hanya pada kulit wajah tubuh bagian manapun jika mengalami luka akan mengalami proses penghitaman terlebih dahulu sebelum akhirnya memudar. Lalu apa hubungannya dengan cara menghilangkan bekas jerawat?

Hubungannya adalah ketika semakin parah peradangan yang terjadi pada kulit kita maka semakin hitam pula bekas jerawat yang di timbulkan. Otomatis akan semakin sulit juga untuk menghilangkannya. Maka dari itu cara paling efektif yang pertama adalah dengan berusaha menjaga agar peradangan pada kulit tidak semakin parah.

Bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah dengan tidak banyak menyentuh kulit yang berjerawat. semakin sering tangan kita menyentuh kulit yang berjerawat makan semakin banyak juga pigmen yang di produksi. itu artinya semakin susah juga untuk bekas jerawat itu menghilang/memudar. Jadi, sebisa mungkin hindari segala aktivitas yang membuat jerawat semakin parah.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan sunscreen atau proteksi utama kulit dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari merangsang peningkatan produksi melanin/pigmen di kulit kita. Paparan sinar matahari langsung yang terlalu lama dianggap kulit sebagai “peradagangan” oleh karena itu sebagai respon alami kulit melanin diproduksi lebih banyak.

Jadi bekas jerawat yang susah payah kita coba hilangkan dengan produk-produk perawatan kulit tapi kita tidak memakai sunscreen buat apa? Itu seperti kita ingin menghilangkan luka dengan membuat luka baru. Tidak akan ada habisnya. Dapat kita simpulkan bahwa cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat itu adalah dengan tidak lupa untuk menggunakan sunscreen setiap hari.

Bekas jerawat memang dapat memudar dengan sendirinya tapi alangkah baiknya jika kita melakukan cara menghilangkan bekas jerawat di atas untuk mempercepat proses pemudarannya. Jangan lupa untuk merawat kulit dengan baik. Semoga bermanfaat. (Pe/Djavatoday)

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya