Selasa, Oktober 26, 2021

Bahaya Tidur di Sore Hari, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Bahaya tidur di sore hari bisa terjadi pada tubuh kita apabila tidak memperhatikan jam tidur. Banyak orang beranggapan bahwa tidur siang dapat menghilangkan rasa lelah. Namun, jika kamu tidur terlalu lama hingga sore, badan jadi terasa sakit dan pegal. 

Tidur yang terlalu lama juga bisa menimbulkan beberapa dampak buruk bagi kesehatan. Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit. Untuk mendapatkan manfaat dari tidur yang sesungguhnya, disarankan untuk memperhatikan kualitas tidur terlebih dulu. 

Baca juga:

Tidur berkualitas belum tentu tidur yang lama, dan tidur yang lama juga belum tentu berkualitas. Agar tidak menimbulkan penyakit di masa mendatang, yuk hindari bahaya tidur di sore hari. 

Kadar Kolesterol Tubuh

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang tidur di sore hari cenderung memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dibanding orang yang tidak tidur di waktu tersebut. Hal ini disebabkan oleh metabolisme tubuh yang seharusnya bekerja maksimal malah berada dalam kondisi istirahat.

Gangguan Daya Ingat

Bahaya tidur saat sore membuat kamu merasakan sensasi tubuh yang tidak wajar dan kebingungan. Banyak dari mereka yang memiliki kebiasaan tidur hingga sore cenderung mudah lupa dan tidak bisa membedakan jam atau hari. Hal ini terjadi karena saat tidur sore, tubuh tidak bisa membedakan perubahan waktu, sehingga memicu kebingungan dan gangguan daya ingat. 

Resiko Terkena Diabetes

Tanpa kita sadari, bahaya tidur saat sore ini ternyata meningkatkan risiko terkena diabetes. Penyebabnya karena produksi insulin dalam tubuh terganggu akibat kondisi tubuh yang tidak banyak bergerak. Tidur di sore hari juga mengganggu siklus alami tubuh yang berpengaruh pada produksi insulin. 

Sedari kecil, orang tua selalu melarang anaknya tidur di sore hari apalagi menjelang magrib. Meskipun kamu sudah sangat lelah, namun kamu sebaiknya menunda keinginan untuk tidur. Karena bahaya tidur di sore hari membuat tubuh lesu saat bangun dan memicu penurunan daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat, kamu bisa mulai tidur di malam hari. (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU