Minggu, Mei 26, 2024

7 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Menurut penelitian, puasa memang terbukti memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, puasa Ramadhan dianggap sebagai salah satu upaya detoksifikasi tubuh setahun sekali.  Selain bermanfaat untuk kesehatan, puasa juga bermanfaat untuk kecantikan kulitmu. Lalu apa saja manfaat puasa untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ulasannya.

Baca juga : 6 Tips Mengatasi Lemas dan Lesu Saat Puasa

Mengatasi Jerawat

Jika kamu selalu dipusingkan dengan mencari formula yang pas untuk mengatasi jerawat, ternyata puasa bisa menjadi alternatifnya. Dengan berpuasa, kulitmu akan terlihat lebih bersih dan bebas dari jerawat.

Hal ini dikarenakan ketika kamu berpuasa, maka tubuhmu akan beristirahat dalam mencerna makanan. Hal ini yang menyebabkan sistem regeneratif akan bekerja lebih baik dalam menjaga kesehatan kulit.

Meningkatkan fungsi otak

Puasa dapat meningkatkan produksi protein Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) di otak. BDNF berperan untuk mengaktifkan sel induk di dalam otak untuk diubah menjadi sel saraf baru dan meningkatkan kesehatan sistem saraf.

BDNF juga berperan untuk melindungi sel otak dari kerusakan yang bisa menyebabkan penyakit pikun. Oleh karena itu, dengan berpuasa secara tidak langsung kamu telah meningkatkan fungsi otak kamu.

Membuat panjang umur

Manfaat puasa untuk kesehatan yang lainnya adalah bisa membuat panjang umur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih sedikit memiliki harapan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang makan lebih banyak.

Dengan kata lain, jika kamu sering berpuasa, maka kamu juga berpotensi memiliki harapan hidup yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena metabolisme tubuhmu akan meningkat saat kamu berpuasa. Sebaliknya, jika kamu banyak makan maka proses metabolisme dalam tubuhmu akan lebih lambat dan membuat efek penuaan terjadi lebih cepat.

Menggantikan sel tubuh

Kulit yang terasa lebih kusam dan kering saat berpuasa adalah pertanda bahwa kamu sedang mengalami proses pergantian sel-sel kulit. Namun tidak hanya sel kulit saja yang diperbaharui, ternyata sel tubuh lainnya juga diperbaharui saat kamu sedang berpuasa.

Oleh karena itu, perbanyaklah makan makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi supaya proses regenerasi sel kulit bisa lebih cepat dan sehat.

Memperindah kuku dan rambut

Kamu juga akan merasakan manfaat puasa untuk kesehatan kuku dan rambut. Saat berpuasa, kuku dan rambut juga akan mengalami proses regenerasi. Untuk itu perhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka, serta tidak lupa minum air putih yang cukup dengan menerapkan pola 2-4-2 selama puasa.

Mencegah iritasi kulit

Sebuah penelitian menunjukan bahwa puasa dapat meminimalisir kontak antara kulit dengan zat yang berbahaya bagi tubuh. Bahkan jika itu terjadi, waktu penyembuhannya pun kurang dari 48 jam.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat puasa untuk kesehatan bisa dirasakan dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Saat berpuasa, sistem pencernaan akan diistirahatkan dan sel-sel tubuh yang lain akan mengalami regenerasi.

Regenerasi sel dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan menghasilkan antibodi yang dapat melawan berbagai virus atau kuman yang masuk ke dalam tubuh. (Willy/Djavatoday)

5 Resep Kombinasi Buah dan Sayur yang Bisa dijadikan Jus untuk Diet

Kombinasi buah dan sayur merupakan perpaduan yang menyehatkan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Menariknya lagi, campuran buah dan sayur yang diolah menjadi jus bisa...

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...

5 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan, Bagus untuk Diet!

Manfaat beras merah gak hanya cocok untuk diet saja loh. Nyatanya bahan makanan yang satu ini memiliki berbagai macam manfaat lain yang dapat berguna...

5 Rekomendasi Obat Kumur untuk Jaga Kesehatan Mulut

Rekomendasi obat kumur kali ini bisa kamu dapatkan secara mudah, baik di online store maupun offline store. Bahkan beberapa di antaranya juga sudah tersedia...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya