Rabu, Oktober 27, 2021

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata bisa muncul karena banyak faktor mulai dari kurang tidur, gaya hidup kurang sehat, perubahan hormon hingga faktor keturunan. Selain membuat wajah terlihat kurang fresh, kantung mata juga membuat seseorang terlihat tua dari umur aslinya. Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan kantung mata?

Sebetulnya ada banyak produk kecantikan yang berfungsi untuk menghilangkan kantung mata, namun beberapa diantaranya mengandung bahan kimia yang sangat rentan jika dipakai oleh orang yang memiliki kulit sensitif. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai gantinya, antara lain :

Baca juga:

Baca juga : 5 Cara Agar Bibir Terlihat Sehat dan Merona

Kantung teh dingin

Cara pertama yang paling sederhana untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan memakai kantung teh yang sudah dingin. Jenis teh yang paling bagus untuk kompres mata adalah teh hijau atau teh chamomile.

Caranya rendam dulu kantung teh ke dalam segelas air, lalu ambil kantung teh tersebut dan dinginkan beberapa saat ke dalam lemari es. Setelah itu kamu bisa pakai untuk kompres mata. Lakukan beberapa kali sampai hasilnya benar-benar terlihat.

Mentimun

Cara ini sudah tidak asing lagi bahkan kamu sering melihatnya di tayangan tv. Apakah kamu sudah pernah mencobanya? Kalau belum kamu boleh memakai cara yang satu ini.

Pertama, potong mentimun kecil-kecil lalu simpan ke dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit. Setelah dingin, kamu bisa menempelkan potongan mentimun tersebut di sekitar area kantung mata. Biarkan 10 – 15 menit lalu bilas dengan air.

Kentang

Saat kamu memasak menu makanan dengan menggunakan bahan kentang, kamu bisa sisakan sedikit kentang tersebut untuk kompres matamu.

Parut kentang tersebut dan ambil airnya. Rendam kapas dalam air kentang kemudian kompres mata menggunakan kapas tersebut selama 10 menit. Jika sudah selesai, kamu bisa mencucinya sampai bersih.

Minyak almond

Kacang almond mengandung vitamin E yang mampu melembapkan kulit. Untuk menghilangkan kantung mata, cukup aplikasikan sedikit minyak almond sebelum tidur di sekitar area kantung mata lalu pijat perlahan. Biarkan semalaman lalu cuci muka di pagi hari.

Daun mint

Selain memiliki aroma yang menyegarkan, daun mint juga bisa dipakai untuk menghilangkan kantung mata. Caranya juga mudah. Tumbuk beberapa helai daunt mint dan beri sedikit air. Lakukan scrub daun mint ke area kantung mata dan diamkan selama 10 menit. Setelah selesai, bilas dengan air bersih.

Air mawar

Air mawar memang dikenal memiliki manfaat untuk kecantikan kulit, termasuk juga untuk menghilangkan kantung mata. Caranya rendam kapas ke dalam air mawar lalu kompres mata selama 15 menit.

Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang berguna untuk kecantikan wanita tak terkecuali untuk menghilangkan kantung mata. Caranya ambil gel lidah buata lalu oleskan di sekira area kantung mata dan tunggu selama 10 menit. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU