Minggu, Oktober 17, 2021

5 Tips Memilih Masker Agar Wajahmu Tidak Jerawatan

Satu tahun lebih Indonesia harus beradaptasi dengan kondisi baru akibat pandemi Covid-19. Saat menghadapi kondisi new normal ada beberapa aturan kesehatan yang harus ditaati, seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan dan juga memakai masker ketika akan beraktivitas di luar rumah. Lalu apa saja tips memilih masker?

Kewajiban untuk memakai masker setiap saat dan dalam waktu yang lama terkadang menimbulkan masalah bagi kulit wajah seperti munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan wajah yang tertutup oleh masker menjadi lebih lembab sehingga bakteri penyebab jerawat muncul.

Baca juga:

Selain menggunakan rangkaian skincare secara teratur agar wajahmu tetap sehat, berikut tips yang bisa kamu lakukan saat memilih masker, diantaranya :

Baca juga : 5 Tanda Skincare Tidak Cocok pada Kulitmu, Ayo Lekas Ganti!

Menggunakan masker sekali pakai

Ada berbagai jenis masker yang bisa kamu gunakan seperti masker kain dan juga masker sekali pakai. Tips memilih masker yang pertama adalah kamu bisa memilih masker sekali pakai untuk mencegah timbulnya jerawat.

Masker sekali pakai lebih higienis karena hanya digunakan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Gunakan masker sekali pakai yang berbahan tebal namun lembut saat dipakai.

Menggunakan masker model 3D

Tips memilih masker yang kedua adalah menggunakan masker model 3D. Masker model 3D merupakan jenis masker yang memiliki bentuk seperti paruh. Masker ini memiliki ukuran yang lebih besar untuk daerah hidung dan mulut. Selain itu, masker model 3D memiliki ruang yang cukup besar sehingga memperkecil terjadinya gesekan antara kulit dengan masker.

Masker model 3D juga memiliki sirkulasi udara yang cukup baik dan tidak membuat sesak. Sirkulasi udara yang baik menjadikan area wajah yang tertutup masker tidak mudah lembap sehingga bisa mencegah timbulnya jerawat.

Memilih masker berbahan katun

Tips memilih masker yang ketiga adalah memilih masker dengan bahan dasar kain katun. Untuk mencegah munculnya jerawat, kamu bisa memilih masker dengan bahan dasar kain katun yang memiliki tekstur lembut.

Masker berbahan kain katun juga sangat nyaman digunakan karena tidak akan membuat pernafasan menjadi sesak. Kain katun yang lembut juga dapat mencegah iritasi sehingga bisa mencegah timbulnya jerawat.

Gunakan masker kain berwarna polos

Jika memang kamu lebih nyaman menggunakan masker kain sebaiknya pilih masker kain berwarna polos. Bukan tanpa alasan, pewarna pada kain terkadang menimbulkan bahaya bagi kulit wajah. Meskipun terlihat bagus dan lucu saat dikenakan, pewarna ini dapat menimbulkan iritasi dan juga menyumbat pori.

Mencuci masker dengan benar

Masker kain memiliki kelebihan bisa dicuci dan dipakai beberapa kali. Agar tetap bersih, masker kain harus dicuci bersih setelah dipakai seharian. Selain itu jangan gunakan pewangi atau semacamnya karena dapat meninggkalkan bekas residu pada masker. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU