Senin, Juni 17, 2024

5 Manfaat Beras Kencur bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat beras kencur ada bermacam-macam, mulai dari menjaga sistem pencernaan, menambah nafsu makan anak, sampai meredakan flu. Beras kencur adalah salah satu jamu yang populer di kalangan masyarakat Indonesia khususnya kaum wanita. 

Beras kencur terbuat dari campuran beras ketan dan kencur. Meski tergolong ke dalam jenis jamu, beras kencur memiliki cita rasa yang manis, segar, dan halus di lidah sehingga banyak orang menyukainya. Paduan dari kedua bahan ini membuatnya kaya akan manfaat. Penasaran apa saja manfaatnya? Langsung aja yuk check this out!

Manfaat Beras Kencur

Berikut beberapa manfaat beras kencur bagi kesehatan tubuh kita.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat beras kencur yang pertama yaitu dapat meningkatkan sistem imun kita. Minuman ini mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Hal ini membuat sistem kekebalan tubuh semakin meningkat.

Kondisi daya tahan tubuh yang baik akan membuat kamu terjaga dari berbagai macam infeksi penyebab penyakit. Akibatnya kamu tidak akan mudah jatuh sakit.

Mengatasi maag

Kamu punya riwayat penyakit maag dan sering kambuh? Cobain deh minum beras kencur secara rutin dan teratur. Beras kencur mengandung senyawa antiradang dan antispasmodik yang dapat meredakan gejala maag seperti mual, kembung, dan muntah.

Menambah nafsu makan

Manfaat beras kencur yang berikutnya yaitu dapat menambah nafsu makan. Beras kencur menjadi salah satu andalan bagi orang tua yang anaknya susah makan. Maka tak heran jika banyak anak yang diperintahkan meminum jamu yang satu ini.

Meminum beras kencur akan membuat nafsu makan anak meningkat. Dengan begitu maka asupan nutrisi bagi tubuh anak akan terpenuhi. Ia pun akan tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal.

Meredakan diare

Umumnya diare terjadi karena adanya infeksi bakteri pada sistem pencernaan. Diare adalah penyakit yang begitu menganggu dan dapat mengakibatkan penderitanya mengalami dehidrasi. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi diare yaitu dengan meminum beras kencur. Kandungan zat sitotoksik dan antibakteri pada kencur dapat meredakan gejala diare.

Meredakan hidung tersumbat

Manfaat beras kencur yang terakhir yaitu dapat meredakan hidung tersumbat. Hidung yang tersumbat tentunya membuatmu tidak nyaman. Selain dapat mengganggu aktivitas, hidung tersumbat juga membuat penderitanya kesulitan bernapas.

Untuk meredakan hidung tersumbat kamu bisa mengkonsumsi beras kencur yang dicampur sedikit air jahe. Paduan keduanya dapat memberikan efek hangat serta melegakan pernapasan. Sifat antiseptik dan antiradang pada kencur juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat akibat flu atau pilek.

Demikian manfaat beras kencur bagi kesehatan. Jamu ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja, loh, baik itu orang sehat maupun orang yang sakit. Untuk merasakan manfaatnya kamu perlu mengkonsumsi beras kencur secara rutin. (Ume/Djavatoday)  

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...

Patut diwaspadai! Ini Dia Efek Samping Mengonsumsi Telur Mentah bagi Kesehatan

Mengonsumsi telur mentah yang disimpan dengan tidak higienis mempunyai sejumlah risiko berbahaya. Bagi sebagian orang, makan telur mentah sudah menjadi hal yang biasa, pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya