Senin, Oktober 25, 2021

5 Cara Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Cuaca Panas

Cuaca panas berkaitan dengan sinar matahari yang terik dan sangat berbahaya bagi kesehatan kulitmu. Panas matahari dapat menyebabkan sejumlah kerusakan pada kulit wajah bahkan menyebabkan penuaan dini hingga kanker kulit. Lalu bagaimana caranya melindungi kulit dari kerusakan akibat cuaca panas? Berikut ulasannya.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Wajah Belang Akibat Cuaca Panas

Gunakan sunscreen secara rutin

Baca juga:

Banyak orang melewatkan penggunaan sunscreen pada wajah, padahal sunscreen sangat berperan penting untuk melindungi kulit wajah dari kerusakan. Sunscreen tidak hanya melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari, tetapi juga  mengurangi risiko tanda-tanda penuaan, perubahan warna kulit dan mencegah terjadinya kanker kulit.

Sebagai bahan pertimbangan pilihlah sunscreen yang memiliki kandungan minimal SPF 30 agar dapat melindungi kulitmu dari bahaya sinar UVA dan UVB.

Meminimalisir kegiatan di luar rumah

Hal termudah yang bisa dilakukan untuk melindungi kulit dari kerusakan adalah dengan membatasi kegiatan di luar rumah untuk mencegah kulit terbakar. Untuk menghindari sengatan matahari yang begitu terik, usahakan untuk tidak keluar rumah antara pukul 10 pagi sampai jam 4 sore.

Tetap berada di tempat yang teduh dan gunakan topi untuk lindungi wajah jika ingin beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi dari panas matahari yang terik.

Jangan lupa gunakan pelembap

Cuaca panas akan mudah membuat kulitmu menjadi kering hingga membuat kulit menjadi terbakar. Oleh sebab itu, gunakan pelembap agar kulitmu tetap terhidrasi. Kamu juga bisa gunakan pelembap yang sudah dilengkapi dengan kandungan SPF sehingga bisa melindungi kulit wajah dari kerusakan. Tetap gunakan pelembap ketika kamu di luar ruangan maupun hanya beraktifitas di dalam ruangan.

Aplikasikan gel lidah buaya

Gel lidah buaya bersifat menenangkan kulit dan dapat menghidrasi kulit yang kering. Gel lidah buaya juga mampu meredakan rasa sakit dan mengatasi kulit kemerahan. Gel lidah buaya sangat cocok untuk mendinginkan kulit wajah yang terbakar oleh paparan sinar matahari.

Hindari penggunaan makeup pada kulit wajah yang terbakar

Penggunaan makeup pada wajah yang sedang mengalami kemerahan hanya akan membuat kulit menjadi terasa gatal, kering dan meradang. Selain itu, penggunaan makeup pada kondisi wajah yang sedang mengalami kemerahan juga seringkali menimbulkan ruam pada wajah bahkan menyebabkan infeksi.

Kulit wajah yang terbakar juga tidak boleh disentuh sembarangan, apalagi menggunakan tangan yang tidak steril. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU