Selasa, Oktober 26, 2021

6 Film Tentang Pendakian Gunung yang Penuh Petualangan, Yuk Tonton

Film tentang pendakian gunung mungkin sudah banyak kamu temui, apalagi yang diproduksi oleh luar negeri. Namun, Indonesia juga tak ketinggalan untuk menyuguhkan kekayaan pegunungan Nusantara melalui sebuah film. Meskipun terhitung masih sedikit, setidaknya pesona hamparan pegunungan Indonesia bisa terpancar hingga mancanegara.

Film-film ini memiliki beragam cerita menarik, mulai dari persahabatan, perjuangan pendakian, hingga keindahan. Semua film ini bisa kamu tonton terutama untuk menemani akhir pekan. Yuk, intip film-filmnya berikut ini.

Daftar Rekomendasi Film Tentang Pendakian Gunung

Baca juga:

Untuk kamu yang menyukai petualangan dan hobi mendaki gunung, daftar film tentang pendakian gunung ini akan sangat cocok. Berikut daftar filmnya.

Gie

Kenalkah kamu dengan sosok Soe Hok Gie? Seorang mahasiswa Universitas Indonesia yang memiliki jiwa idealis. Sosoknya seringkali terdengar karena mengkritisi pemerintahan Soekarno saat itu, ini menjadikannya seorang demonstran yang diwaspadai. Ia adalah pemuda berjiwa pemberani, cerdas, tegas, penulis yang idealis, dan mempunyai hobi mendaki gunung. Bahkan hingga akhir hayatnya, salah satu gunung di Indonesia menjadi tempat peristirahatannya. 

Film ini dirilis pada tahun 2005 silam dan Nicholas Saputra menjadi sosok yang dipercaya memerankan tokoh Gie. Riri Reza merupakan sutradara film ini yang ingin menggambarkan keadaan Jakarta di tahun 60an. Film ini akan banyak menginspirasimu dan membuatmu kagum dengan keindahan Gunung Pangrango yang menjadi gunung favorit Gie.  

5 CM

Film tentang pendakian gunung yang selanjutnya adalah 5 CM. Film ini diangkat dari novel best seller dengan judul yang sama. Kisahnya berfokus pada perjuangan dari 5 orang sahabat yang sedang berjuang menuju puncak Mahameru. Petualangan kelima sahabat itu bermula dari kebosanan yang dirasakan yang akhirnya membuat mereka keluar dari zona nyaman.

Film 5 CM disutradarai oleh Rizal Mantovani dan dirilis pada tahun 2012. Film ini sukses membuat penonton merasakan keharuan dengan alur ceritanya. Bahkan kamu akan banyak mendapatkan quotes berharga. Salah satu yang paling popular adalah “Percaya 5 cm di depan keningmu.”

Sagarmatha

Film Sagarmatha merupakan film tentang pendakian gunung yang wajib ditonton para pendaki Indonesia. Pasalnya, film ini memuat banyak pelajaran hidup yang berharga. Tentang keberanian, persahabatan, dan perjuangan dalam menggapai cita-cita. Semua itu dibalut dengan keindahan panorama gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest.

Film ini dirilis pada tahun 2013 dan dibintangi oleh Nadine Chandrawinata serta Ranggani Puspandya. Masing-masing berperan sebagai Shila dan Kirana yang bersahabat sejak di bangku kuliah.

Negeri Dongeng

Film tentang pendakian gunung yang berikutnya berjudul Negeri Dongeng yang dirilis pada tahun 2017. Diproduseri oleh Chandra Sembiring dan disutradarai oleh Anggi Frisca, film ini sukses mencuri perhatian masyarakat. Bahkan hingga masuk nominasi Piala Maya untuk kategori Film Dokumenter Panjang Terpilih. 

Film ini mengisahkan tentang 7 sineas yang berambisi menaklukkan 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia. Mendaki gunung menjadi jalan untuk mengenal Indonesia lebih dekat. Mereka juga menyerukan motto Soe Hok Gie, sang pendaki gunung sejati.

Romeo Rinjani

Sesuai judulnya, film tentang pendakian gunung ini berlatar di Gunung Rinjani. Dirilis pada tahun 2015, film ini disutradarai oleh Fajar Bustomi. Romeo Rinjani mengisahkan tentang kisah asmara antara Romek dan Sharon.

Romeo merupakan seorang fotografer lepas, kemudian ia pergi ke Rinjani untuk memotret gunung tersebut. Saat sampai di puncak Rinjani, Romeo bertemu dengan Sharon, perempuan yang menyukai petualangan dan memiliki banyak kesamaan dengan Romeo. Film ini dimainkan oleh Kimberly Ryder, Deva Mahenra, Alexa Key, Gary Iskak, dan Donna Harun.

Pencarian Terakhir

Film tentang pendakian gunung yang satu ini sedikit berbeda karena memiliki genre horor-thriller. Film Pencarian Terakhir dibintangi oleh Lukman Sardi, Richa Navisha, Alex Abbad, dan Yama Carlos. Dirilis tahun 2008, film ini disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman. 

Kisah dalam film ini berfokus pada pencarian adik Sita, Gancar, yang hilang saat mendaki Gunung Sarangan. Pencarian dilakukan oleh Sita dan tiga temannya bersama tim SAR. Kejadian-kejadian aneh pun dimulai.

Nah, itulah 6 rekomendasi film tentang pendakian gunung yang bisa kamu tonton di akhir pekan. Seperti kata Soe Hok Gie, bahwa mencintai tanah air dan mengenalnya lebih dekat bisa dilakukan dengan mendaki gunung. Jika saat ini kamu belum kesampaian untuk mendaki lagi, film-film di atas siap menjadi pengobat rindu. Kamu bisa menontonnya di YouTube, Netflix, atau aplikasi streaming lainnya.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU