Sabtu, Juli 20, 2024

Bertahan di Lingkungan Kerja yang Tidak Kondusif

Tidak semua orang beruntung bisa bekerja di lingkungan yang nyaman. Ada kalanya seseorang berada di lingkungan kerja yang tidak kondusif. Jika terus dibiarkan, maka situasi seperti ini dapat mempengaruhi kinerja dan perlahan membuatmu stress.

Jika lingkungan kerjamu bermasalah, maka kamu tidak bisa menunjukkan kualitas kerja yang baik sekalipun pekerjaan itu adalah passion kamu. Namun jangan khawatir, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini untuk bertahan di kondisi lingkungan kerja yang tidak kondusif. Berikut ulasannya :

8 Cara Bertahan di Lingkungan Kerja yang Tidak Kondusif

  • Fokus pada jobdesk

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap fokus pada jobdesk yang sudah diberikan kepadamu. Kamu harus bisa menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik dan tepat waktu. Jangan terpengaruh oleh kondisi sekitar yang bisa membuat pikiranmu kacau dan membuat kinerjamu semakin menurun.

  • Jangan terpengaruh

Bagaimanapun suasananya dan dari manapun arah masalahnya usahakan agar kamu tidak terpengaruh. Tetaplah berpikir positif dan buang semua pikiran negatif yang ada di benakmu. Bersikaplah profesional dengan terus memberikan kinerja yang baik sekalipun kamu berada di lingkungan kerja yang tidak kondusif.

  • Tetap berkomunikasi dengan siapapun

Jika lingkungan kerjamu tidak kondusif, bukan berarti kamu membatasi komunikasi dengan orang-orang tertentu. Buatlah pola komunikasi yang elegan dengan siapapun. Jangan sampai orang lain berpikiran negatif kepadamu dan malah membuatmu semakin tidak nyaman dengan prasangka orang-orang yang ada di sekitarmu.

  • Self healing

Hindari hal-hal yang bisa membuat kamu stress dan bad mentality lainnya. Untuk tetap termotivasi, kamu harus melakukan hal-hal yang bisa membuatmu semangat dan bahagia. Usahakan untuk terus menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga dan makan makanan yang sehat.

  • Bicarakan pada atasan

Jika memang kamu sudah tidak bisa bertahan dengan lingkungan kerja yang tidak kondusif, maka segera konsultasikan masalah ini dengan atasanmu. Bicarakan semua hal yang dapat mengganggu kinerjamu selama bekerja.

Pilihlah waktu yang tepat sehingga kamu bisa menyampaikan keluh kesahmu dengan nyaman.

Memilih membicarakan masalah dengan atasan di luar kantor juga bisa membuat suasana menjadi lebih cair.

Baca juga : Siapkan 8 Hal ini Saat Pertama Kali Bekerja
  • Berikan solusi atas permasalahan yang terjadi

Jika memungkinkan, kamu bisa memberikan solusi agar lingkungan kerjamu menjadi lebih kondusif. Jangan malu untuk memberikan masukan yang bisa membuat perubahan baik di lingkungan kerjamu.

  • Anggap sebagai pembelajaran

Segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita sebenarnya bertujuan untuk memberikan pembelajaran. Jika itu merupakan sesuatu yang baik, maka kita harus mensyukurinya. Jika itu adalah sesuatu yang buruk, maka bercerminlah pada kejadian itu dan kita tidak boleh mencontohnya.

  • Manfaatkan waktu libur

Jika waktu libur sudah datang, maka manfaatkanlah waktu tersebut untuk pergi ke tempat-tempat yang bisa membuat pikiranmu rileks. Kamu bisa pergi ke pegunungan, pergi ke tempat hiburan yang bertemakan alam atau hanya sekedar jalan-jalan dengan sahabat karibmu. (Willy/Djavatoday)

Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Minim Modal dan Bisa dijadikan Ladang Cuan

Ide bisnis untuk mahasiswa sudah cukup sering berseliweran, terutama di media sosial. Peluang bagi para mahasiswa pejuang rupiah kini semakin besar. Bahkan cukup menjanjikan...

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya