Jumat, Mei 24, 2024

Universitas Galuh Ciamis Kembangkan Komoditas Kopi dan Sacha Inchi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Universitas Galuh (Unigal) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tak henti-hentinya berinovasi. Kali ini Unigal tengah mengembangkan komoditas kopi dan Sacha Inchi di Kabupaten Ciamis.

Program pengembangan komoditas tersebut sebagai bentuk kontribusi dan eksistensi Unigal guna memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat.

“Kita ingin memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar,” ujar Rektor Universitas Galuh Dadi kepada wartawan Jumat (6/1/2023).

Program pengembangan komoditas kopi dan sacha inchi ini bertujuan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dadi menjelaskan selain dikembangkan di lingkungan kampus, Program pengembangan komoditas kopi dan Sacha Inchi ini juga dilakukan di tengah masyarakat.

“Untuk kampus, pengembangan komoditas ini sebatas untuk percontohan atau showcase. Sedangkan pengembangan lebih besar adalah pada masyarakat luas,” jelasnya.

Ada pun sasaran dalam pengembangan komoditas ini adalah Kelompok Tani, BUMDes, LMDH dan kelompok masyarakat lainnya.

“Sasarannya masyarakat yang memiliki lahan garapan untuk pengembangan komoditas kopi dan Sacha Inchi,” katanya.

Harapannya, program pengembangan komoditas tersebut tentunya bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dadi menjelaskan konsep pengembangan komoditas ini sangat memperhitungkan sisi pemberdayaan masyarakat. Pola tanam komoditas ini menyesuaikan dengan kemampuan dan ketersediaan lahan yang ada pada masyarakat.

Dengan kata lain, masyarakat yang punya lahan besar ataupun kecil juga bisa mengikuti program pengembangan komoditas ini.

Dadi ingin juga memastikan agar masyarakat betul-betul bisa merasakan manfaat dari program tersebut.

“Apabila masyarakat sudah paham bagaimana cara budi daya dan keuntungannya, silahkan bisa mengembangkannya,” pungkas Rektor Unigal. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...

Buruh di Ciamis Tewas Tersengat Listrik saat Pasang Talang Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nahas dialami seorang buruh harian lepas bernama Maman Rustaman (56) asal Kelurahan Linggasari, Ciamis. Maman tewas tersengat listrik saat memasang talang...

Tarsum Pelaku Mutilasi Istri Dikembalikan ke Polres Ciamis Usia Jalani Observasi di RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sudah 14 hari sudah Tarsum pelaku kasus pembunuhan dan memutilasi istrinya di Ciamis menjalani rehabilitasi di RS Jiwa Cisarua Bandung. Tarsum...

HUT Kodam III Siliwangi, Kodim Ciamis Gelar Turnamen Sepakbola U-17 Dandim Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kodim 0613 Ciamis menggelar turnamen sepakbola U-17 Dandim Cup antar kecamatan. Turnamen ini digelar dalam rangka peringatan HUT ke 78 Kodam...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya