Sabtu, Mei 25, 2024

Tingkatkan Penghimpunan Zakat, Baznas Kabupaten Bogor Studi Tiru ke Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baznas Kabupaten Bogor melakukan kunjungan ke Baznas Kabupaten Ciamis dalam rangka silaturahmi dan studi tiru, Jumat (21/7/2023).

Ketua Baznas Bogor M Lesmana mengatakan Ciamis memiliki kelebihan dari potensi penghimpunan zakat dan infaq, sedekah dan zakat dari tingkat kecamatan dan desa.

“Penghimpunan Ciamis ini sangat baik dari Kabupaten Bogor,” ujar Lesmana.

Lesmana menyebut sengaja datang ke Ciamis untuk menimba ilmu sekaligus melihat Perbup Ciamis mengenai zakat.

“Perbup Baznas Ciamis ini luar biasa untuk kepada kecamatan, desa dan masyarakat,” ucapnya.

Lesmana menjelaskan Kabupaten Bogor memiliki 435 desa/kelurahan dan 40 kecamatan dengan 6,2 juta penduduk. Namun Lesmana mengakui masih ada kelemahan dalam Perbup sehingga dalam penghimpunan kalah jauh dari Ciamis.

“Kami punya 800 UPZ, tapi kami punya kelemahan dalam penghimpunan, kurang sasaran dan lemah dalam Perbup. Harus ada Perbup baru yang langsung menyentuh UPZ kecamatan dan desa,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Ciamis Lili Miftah mengatakan kedatangan Baznas Kabupaten Bogor untuk silaturahmi dan studi tiru. Mereka melihat penghimpunan zakat Ciamis lebih baik. Bogor memiliki penduduk banyak dan daerahnya luas namun dalam penghimpunan belum maksimal.

“Banyak yang didiskusikan bagaimana Ciamis bisa meningkatkan penghimpunan. Jawabannya kita mengintensifkan program infaq desa. Dan infaq desa ini bukan kebetulan tapi hasil analisis,” ucapnya.

Bagaimana Baznas bisa hadir di setiap desa untuk ikut mendorong terhadap visi Bupati Ciamis. Sehingga dalam 4 bulan Baznas menyelesaikan Perbup, dengan memberikan tekanan kepada birokrasi terhadap jalannya infaq desa.

“Mereka ingin tiru. Mengajukan Perbup ini dasarnya bukan hanya baznas tapi MUI dan perangkat lainnya sehingga analisanya lebih kuat. Sehingga perbupnya lebih tajam,” jelasnya.

“Alhamdulillah dengan Perbup nomor 9 tahun 2023 ini ada peningkatan penghimpunan 47 persen dalam dua bulan dari target Rp 1,1 miliar. Ke depan kita akan terus dongkrak,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya