Selasa, Juni 25, 2024

SMKN 1 Rancah Ciamis Juara di Festival Film, Borong 2 Piala Sekaligus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SMKN 1 Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat berhasil menorehkan prestasi. Sekolah kejuruan ini  meraih juara pada dua ajang festival film pada bulan Desember ini.

Yakni festival film dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Kategori Pelajar Terbaik Digital Movie Competition 2020 dan Festival Film Pelajar Jogja pemenang program kompetisi nasional Gong Award.

Film yang dibuat oleh para pelajar Ciamis ini menceritakan tentang kondisi pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Dari film itu banyak dinamika yang diceritakan. Mulai dari banyak yang terkendala mulai dari sinyal, tidak punya kuota internet, hingga permasalahan ekonomi.

Namun uniknya dalam film ini sekelompok siswa yang dipimpin oleh tokoh Wildan mencoba membuat inovasi. Para siswa ini berinisiatif untuk merakit radio yang  dijadikan sebagai media pembelajaran di sekolahnya. Sehingga dengan keterbatasan yang ada mereka tetap bisa belajar.

Eggy Aditiar Produser sekaligus sebagai Guru Pembimbing Ekstrakurikuler Film SMKN 1 Rancah mengatakan proses pembuatan film ini dimulai dari bulan Agustus 2020 lalu.  Dibuat untuk mengikuti lomba festival film.

“Film ini dibuat pada bulan Agustus. Ceritanya tentang para siswa yang harus melakukan pembelajaran jarak jauh saat pandemi Covid-19 dengan segala persoalan yang terjadi,” ucapnya.

Eggy mengatakan melalui film ini sedikitnya bisa memberikan motivasi bagi para siswa. Agar tetap giat belajar meski dalam kondisi keterbatasan. Serta memberikan semangat kepada siswa untuk terus berinovasi, mengeluarkan ide dan kemampuannya sehingga dapat berguna di masa depan nanti.

Kepala SMKN 1 Rancah Drs. H. Joko Maryoto mengaku bangga atas prestasi anak didiknya dan merupakan kado istimewa di penghujung tahun ini.

“Saya merasa sangat bangga atas prestasi yang diraih ini, semoga ke depan bisa terus berprestasi memberikan yang terbaik. Ini juga sebagai bekal bagi mereka setelah lulus nanti,” ujarnya. (CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya