Minggu, Juli 14, 2024

Wajah Baru Situs Jambansari Ciamis, Asyik Jadi Tempat Swafoto

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Situs Jambansari Kabupaten Ciamis merupakan tempat bersejarah yang berada di pusat perkotaan. Beberapa waktu lalu telah dilakukan penataan. Yuk cek penampakannya.

Situs Jambansari merupakan area pemakaman, salah satunya adalah makam Bupati Galuh RAA Kusumadriningrat atau kanjeng prebu. Pada Agustus 2020 lalu ditata oleh Kementerian PUPR dengan anggaran mencapai Rp 9 miliar.

Wajah baru Situs Jambansari Ciamis sekarang sangat jauh berbeda dari sebelumnya. Dulunya lokasi ini hanya merupakan area perkebunan dan kolam yang biasa digunakan untuk mancing. Kini menjadi sebuah taman yang asyik untuk dijadikan sebagai lokasi wisata alternatif dan menarik untuk dijadikan tempat foto-toto.

Di lokasi ini terdapat sebuah taman bunga melingkar yang menyerupai lambang Galuh. Di tengah kolam kini ditata dan terdapat jembatan indah yang bisa dipakai untuk berfoto ria.

Ada juga beberapa tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati camilan yang dibawa dari rumah. Bagi yang mau berolahraga, di Situs Jambansari juga tersedia Joging track. Ada juga arena pertunjukan atau teater terbuka, gazebo hingga plaza galeri UKM.

Hampir setiap pagi dan sore, Situs Jambansari Kabupaten Ciamis ini banyak dikunjungi warga. Baik yang berolahraga maupun yang berfoto ria. Dengan adanya Taman ini, menambah koleksi ruang terbuka di Ciamis yang menarik jadi tempat wisata alternarif.

“Ada suasana baru di Jambansari ini setelah ditata. Lokasinya strategis, jadi sekarang di Ciamis tidak hanya ada Alun-alun atau Lokasana tapi bisa kesini untuk tempat bersantai,” ujar Yuli Yuliana, Senin (15/3/2021).

Kesan menarik juga terlihat dari pintu gerbang. Ada dua patung harimau sebagai ciri khas yang sangat gagah membuat kesan lokasi ini adalah sebuah situs bersejarah di Ciamis.

Jadi tunggu apa lagi, bagi yang penasaran langsung saja datang ke Situs Jambansari Kabupaten Ciamis di kawasan Lembur Situs, Jalan Ahmad Dahlan Ciamis. (CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya