Minggu, Mei 26, 2024

Semangat Toleransi, Koramil 1301 Ciamis dan Warga Lintas Iman Aksi Bebersih Lingkungan Gereja

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah anggota TNI Koramil 1301 Ciamis bersama warga lintas iman gotong royong aksi bebersih di lingkungan Gereja Katolik Santo Yohanes Ciamis, Sabtu (18/11/2023). Kegiatan tersebut bertajuk Giat Sabtu Kasih Sayang.

Berbekal perlengkapan tempur kebersihan yang dibawa masing-masing, 35 orang warga dan anggota Koramil 1301 membersihkan sampah-sampah yang ada di lingkungan gereja. Mereka nampak bersuka cita melakukan aksi bebersih tersebut.

Giat Sabtu Kasih Sayang ini dimulai pukul 07.00 dengan diawali apel singkat yang dipimpin oleh Pelda Rahmat Komarudin sebagai Babinsa Kelurahan Ciamis. Turut mendampingi juga Romo Mikael sebagai Kepala Gereja St. Yohanes.

Turut hadir juga Ketua RW setempat Asep sekaligus ketua DKM Masjid Al-Mujahidin. Romo Gatot sebagai perwakilan dari Gereja Katolik menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota Koramil 1301 atas ajakan persaudaraan dan kebersamaan ini.

Babinsa Kelurahan Ciamis Pelda Rahmat Komarudin mengatakan anggota TNI yang terlibat dalam aksi bebersih lingkungan gereja ini sebanyak 10 orang. Kemudian hasil komunikasi dengan RW setempat, langsung mendapat respons positif. Sejumlah warga pun turut berpartisipasi bersama TNI.

“Dalam aksi ini menunjukan bahwa kerukunan Kampung Lebak ini nyata adanya. Kami sebetulnya tidak mewajibkan masyarakat ikur terlibat. Tapi ternyata mereka juga berinisiatif untuk ikut bebersih di area lingkungan Gereja Santo Yohanes,” ungkap Pelda Rahmat.

Kepala UPTD Kebersihan Ciamis Ismail Suangga mengatakan pihaknya pun turut menerjunkan tim kebersihan guna mendukung aksi tersebut.

Diharapkan ini semakin menumbuhkan sikap toleransi dan persaudaraan dalam keberagaman. Meskipun kegiatannya sederhana hanya bebersih lingkungan, namun memberikan dampak yang luar biasa dalam membangun masyarakat yang rukun.

Pengurus Gereja Katolik Santo Yohanes Ciamis Romo Garut pun mengucapkan terima kasih kepada Koramil Ciamis yang menginisiasi aksi bebersih tersebut. Juga terima kasih kepada warga yang ikut terlibat dalam kegiatan Sabtu Kasih Sayang ini.

“Ini sebagai ungkapan kasih sayang yang nyata, mau ambil bagian membersihkan tempat ibadah sesamanya meski berbeda agama, salam toleransi,” katanya. (CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya